Wayang World Puppet Carnival 2013

screen-capture-2

Meskipun acaranya sudah berlangsung setengah jalan, Kopling tetep mau ngasi info kalau tanggal 1-8 September 2013 ini ada acara seru di Jakarta: Wayang World Puppet Carnival 2013! Kenapa seru? Karena Wayang World Puppet Carnival 2013 ini menampilkan seni wayang dari 46 negara di dunia, dengan jumlah pertunjukan sebanyak 64 pertunjukan! Wow, bisa dibilang ini adalah salah satu acara wayang termegah di dunia.

Selama ini kalau mendengar kata “wayang” pasti kita akan langsung teringat dengan pertunjukan kesenian wayang khas Indonesia, seperti wayang golek atau wayang kulit. Iya nggak? Tapi tahukah kamu kalau ternyata wayang itu ada banyak banget jenisnya dan memiliki bentuk yang berbeda-beda di tiap-tiap negara?

turkey

labimg_640_thai

Di samping pertunjukan wayang, acara Wayang World Puppet Carnival 2013 ini juga akan menampilkan video dan film perwayangan dari banyak negara. Negara-negara yang berpartisipasi dalam acara ini di antaranya adalah Turki, Bolivia, Amerika Serikat, Spanyol, Italia, kolombia, Thailand, dan Brazil. Sebagai tuan rumah, Indonesia juga akan menampilkan 5 seniman wayang, di antaranya Cahyo Kuntadi, Hadi Sutikno, Apep Hudaya, Sigid Ariyanto, dan Sihono. Kelompok wayang Cahyo Kuntadi adalah kelompok wayang yang pernah meraih penghargaan The Besat Drama di Kazakhstan.

Buat kamu yang suka sama Papermoon Puppet Theatre, mereka juga bakalan memainkan pertunjukan Mwathirika loh di Wayang World Puppet Carnival 2013! Jangan lupa untuk siapin tisu ya sebelum acara dimulai. Hehe…

kazakhstanlbnon

Ada tiga lokasi yang menjadi tempat pagelaran utama acara ini, yaitu Museum Nasional Jakarta, Teater Usmar Ismail Kuningan, dan Lapangan Monas Jakarta Pusat.

Wayang World Puppet Carnival 2013 yang diselenggarakan oleh Pepadi dan Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (Sena Wangi) dengan dukungan dari Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD) dan Direktur Artistik World Puppet Carnival (WPC) Rod Petrovic memang bertujuan sebagai event budaya yang menampilkan seni tradisi asli Indonesia, mengingat wayang Indonesia udah diakui Unesco sebagai warisan budaya dunia.

Jadi, jangan sampai kamu nggak mampir ke acara ini!

Wayang World Puppet Carnival 2013
wayangcarnival.com | jadwal pertunjukan@wayangcarnival

About author

[LIPUTAN] KACF 2014 pt.1

Meskipun sempat ditemani oleh hujan badai yang merubuhkan beberapa pohon dan menimbulkan kemacetan di hampir seluruh wilayah Jakarta di hari pertama, kegiatan Kemang Art & ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official