Tips Memilih Biji Kopi

large

Memilih dan membeli biji kopi yang tepat itu seharusnya nggak asal-asalan. Sama seperti ketika kita membeli pakaian, atau memilih jodoh, misalnya. Harus disesuaikan dengan yang kita butuhkan, bukan asal ambil.

Beberapa orang membeli biji kopi karena tergiur oleh iklan dan merek, padahal belum tentu cocok. Proses pembuatan kopi yang nikmat itu padahal dimulai dengan pemilihan biji kopi yang tepat. Terus gimana dong caranya untuk memilih biji kopi yang cocok untuk kita?

Satu

Pelajari kemasannya, dan pilih yang masih segar atau baru digiling. Beberapa perusahaan kopi memang nggak mencantumkan tanggal penggilingannya, sayangnya.

Dua

Cium dulu sebelum membeli. Kalau ada, minta sample dulu dari toko yang menjualnya. Kalau mereka nggak menyediakan sample, nggak ada salahnya beli sedikit dulu. Daripada sudah terlanjur membeli banyak dan nggak terpakai nantinya, kan sayang?

Tiga

Kalau ingin beli merek tertentu dan kebetulan ada ulasannya di internet, baca dulu ulasan dari orang-orang yang sudah mencobanya. Kamu juga bisa membandingkan antara biji kopi yang satu dengan yang lain, untuk memantapkan hati sebelum membeli.

Empat

Pilih biji kopi sesuai kebutuhan atau jenis minuman kopi yang paling sering kamu buat. Yang paling aman sih memang Arabika. Robusta lebih murah, tapi rasanya lebih pahit. Sedangkan Arabica lebih halus dan menghasilkan minuman kopi yang lebih nikmat.

Kalau kamu butuh kopi yang banyak mengandung kafein, pilih yang warnanya nggak terlalu gelap. Biji kopi itu semakin lama dipanggang semakin gelap warnanya, dan semakin berminyak. Nah, kafein yang terkandung di dalamnya jadi berkurang karena minyak itu.

Untuk espresso, pilih biji kopi berjenis medium roast. Biji kopi yang berwarna sangat gelap nggak cocok untuk espresso.

Lima

Jangan abaikan sumbernya. Letak geografis tempat si biji kopi itu tumbuh tentunya mempengaruhi rasa akhir si minuman kopi. Kopi Sumatra rasanya beda dengan kopi dari Hawaii, karena tempat tumbuh dan iklimnya pun berbeda. Sesuaikan dengan selera kamu.

Ternyata memilih kopi itu bener-bener kayak milih pasangan yang harus memikirkan bibit, bebet, dan bobot ya? Hehe. Yah, kopi kan juga salah satu kekasih kita, karena tanpa kopi, kebanyakan kita merasa ada yang kurang dalam hidup kita.

Sumber gambar: weheartit.com

ARTJOG Trip Part 1

Beberapa waktu lalu Kopi Keliling yang diwakilin oleh Raymond Malvin, Patricia Wulandari, dan Ari Ekotama pergi plesir ke Jogja untuk menghadiri pameran ART|JOG|12 di Taman Budaya ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official