Tepung Kopi: Sehat dan Serba Guna

Selama ini, untuk membuat roti dan pasta, orang pasti memakai tepung gandum. Tapi, sekarang ada pilihan lain untuk membuat makanan-makanan itu: tepung kopi, atau “coffee flour“.

lead

Ide ini sebenarnya sudah ada sejak 2 tahun yang lalu, ketika Dan Bellliveau, seorang mantan direktur di sebuah perusahaan kopi waralaba raksasa, belajar tentang produksi kopi. Dalam proses pembelajaran itu, dirinya menyadari bahwa banyak kopi yang terbuang selama proses pembuatan kopi, yang sebenarnya dapat dimanfaatkan.

Biji kopi yang kering dan sudah dipanggang yang biasa kita pakai sebagai bahan untuk minuman kopi sebenarnya adalah bibit yang telah diekstraksi dari buah kopi yang berwarna merah menggoda itu. Saat petani mengambil bijinya, buah kopi itu dibuang. Di beberapa negara, sudah ada yang memanfaatkan buah kopi ini menjadi teh, tapi kebanyakan dibuang atau dibiarkan membusuk. Dengan dasar pemikiran ini, mulailah Dan dan istrinya membuat kue kering dan granola dari tepung yang mereka buat dari buah kopi itu – dan ternyata rasanya sangat enak!

Gluten-Free-Almond-Flour-Coffee-Cakea

Hari ini, tepung kopi hasil temuan Dan sudah mulai bisa dipesan, tapi baru akan dipasarkan secara global pada tahun 2015 nanti. Harganya pun masih belum diketahui berapa. Tepung kopi ini bebas gluten, sehingga lebih aman dan sehat untuk dipakai. Selain itu, tepung ini juga mengandung kadar besi 3 kali lebih tinggi dari sayur bayam, tinggi protein, dan 5 kali lebih kaya serat ketimbang tepung gandum, dan kadar potassium-nya juga 2 kali lebih banyak dibanding buah pisang. Tepung gandum hanya mengandung serat 5 sampai 12 persen, sementara tepung kopi mengandung 55 persen serat. Wow.

Tepung kopi ini ternyata rasanya nggak mirip kopi, tapi rasanya manis, mirip buah kering – dan juga kadar kafeinnya sangat rendah. Produk yang keren ini nggak cuma membuat para konsumennya lebih sehat, tapi juga membantu para petani kopi, karena sekarang mereka pun bisa menjual buah kopi mereka, yang biasanya dibuang begitu saja. Tepung kopi ini nggak cuma bisa untuk dibuat sebagai pengganti tepung gandum, tapi juga bisa digunakan sebagai tepung panir untuk menggoreng daging,  membuat saus, atau bahkan dijadikan minuman berenergi.

Bahan makanan sekeren ini semoga nantinya juga dapat kita temui di Indonesia ya. Kita kan juga ingin sehat, dan siapa tahu ada perusahaan lokal yang juga terinspirasi dari ide ini, supaya harganya lebih murah dan para petani kopi kita pun dapat penghasilan tambahan… Eh, tapi nanti kasihan juga ya para petani gandum. Wah.

Website: coffeeflour.com

Zebra Cross Nggak Harus Putih Abu-abu

Kalau berjalan-jalan di wilayah London bagian timur beberapa tahun terakhir ini, ada kemungkinan kamu akan menemukan mural geometri warna-warni karya seorang seniman grafis Camille Walala. ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official