Tattoo Juga Sebuah Seni

Tato adalah salah satu bentuk seni tubuh yang udah ada sejak jaman Neolitikum. Pada jaman itu, tato bukan dibuat buat “bagus-bagusan”, tapi untuk pengobatan, yang mirip konsep tusuk jarum atau akupunktur. Mumi Amunet dari Mesir kuno dan mumi di Pazyryk di Plato Ukok juga ditemukan udah bertato.

Sebelum lahirnya agama Kristen, di Jerman dan beberapa negara di utara Eropa juga orang udah bertato. Bahkan Kaisar Julius pun udah pernah nulis tentang tato di buku kelimanya.

Tato modern di dunia barat terkenal di dunia maritim. Orang-orang Polinesia seneng banget ditato, dan kata “tato” itu berasal dari bahasa Samoa “tatau”. Seniman tato profesional di dunia yang pertama itu adalah Martin Hildebrandt, orang Jerman yang berimigrasi ke Boston di tahun 1846 dan pelanggannya adalah para tentara yang ikut Perang Sipil.

Bangsa Ainu yang Ditato

Di Asia, orang Jepang dari dulu juga udah bertato. Suku Ainu di sana wajahnya wajib ditato. Di Indonesia, yang pertama kali kenal tato itu adalah orang-orang di Kepulauan Mentawai.

Tato Mentawai

Salah satu artis tato terkenal di Indonesia adalah Aman Durga Sipatiti yang tubuhnya penuh dengan tato. Cowok yang nama aslinya adalah Dionysius Bimo Desianto ini awalnya belajar seni di ISI Yogyakarta, lalu kemudian memperdalam seni tato di Los Angeles. Dia berguru sama Sua Sulu’ape Freewind di Black Wave Tattoo tentang tato tribal dan tradisional. Sekembalinya dari Amerika tahun 2009, dibukanyalah Durga Tattoo.

Durga Tattoo

Durga Tattoo ini spesialisasinya adalah ilustrasi dari seni dan budaya Indonesia. Animisme dan Politeisme yang jadi agama awal orang Indonesia sangat mempengaruhi gaya tatonya Durga, selain Hinduisme, Buddhisme, dan Shamanaisme. Selain jadi tattoo artist, Durga juga jadi pendukung tato tradisional suku Dayak di Kalimantan dan ngajar tentang seni tribal di studionya di Jakarta. Selain itu Durga juga terlibat di komunitas Mentawai, dan komunitas ini dibuat dengan tujuan buat melestarikan budaya dan tradisi tato tribal Mentawai. Durga bekerja sama dengan beberapa Sikerei, para pemuka di Mentawai. Namanya sendiri memang sangat Mentawai: Durga diambil dari nama Dewi Durga, Aman itu artinya “ayah” dalam bahasa Mentawai, dan Sipatiti artinya “tukang nato”.

***

Akhir tahun 2012 lalu, model terkenal asal Inggris, Kate Moss, ngaku bahwa dia punya banyak tato. Dan seniman tato langganan Kate adalah Lucian Freud, yang meninggal di tahun 2011. Freud ini terkenal banget, sampe-sampe lukisan telanjang Kate yang sedang hamil karya Freud sendiri di tahun 2002 sukses terjual dengan harga $5.14 juta di balai lelang Christie’s.

Di tahun 2000, seorang seniman tato dari Spanyol, Santiago Sierra, ngebayar 4 orang pelacur dengan heroin terus ngebuat film tentang tato yang tergambar di punggung mereka masing-masing. Tato udah nggak lagi dibuat dengan alasan keagamaan dan kesehatan, tapi karena seni.

Santiago Sierra, seorang tattoo artist

Institusi-institusi seni bergengsi seperti Musée du Quai Branly di Paris berencana bakal ngadain pameran tato di museum di bulan Mei 2014 dengan judul “Tatoueurs, Tatoués”. Yang bakal dipamerin adalah karya para seniman tato yang terkenal, dan juga make beberapa model hidup.

Kamu sendiri berencana punya tato juga nggak? Kira-kira, kepingin gambar apa? Kalo kamu punya seniman tato favorit yang karyanya unik kayak Durga tadi, boleh lho share sama Kopling. Atau kalo kamu pernah menyadari, ada salah satu seniman yang pernah pameran di Kopi Keliling yang gayanya cocok banget buat dibikin tato. Rukmunal Hakim, namanya. Beliau ini emang udah sering diminta untuk bikin ilustrasi tato gitu. Keren-keren deh.

Dan buat kamu yang baru kepengen punya tato, pesannya cuma satu: Hati-hati dalam milih gambar atau tulisan ya. Jangan sampe nyesel, karena punya tato itu kan sama aja kayak kita buat komitmen ke diri sendiri. Jangan bikin tato nama pacar yang suka bikin kamu pusing, nanti kalo kalian putus, orangnya udah nggak ada tapi pusingnya masih bekelanjutan gara-gara tato kan malesin juga… Hehehe…

About author

Museum Keliling di Paris

Di Indonesia yang namanya sirkus keliling itu udah lama dikenal. Nggak cuma itu, kita juga udah lama punya Bioskop Keliling. Apa pun yang keliling itu ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official