Stay Local!

Foto dari: Poboyfest.com

Di New Orleans, Luisiana, USA; Ada acara tahunan yang disebut dengan Po-Boy Festival. Acara ini bermula dari tahun 1920-an ketika pada masa itu mereka mencoba untuk membuat sebuah system transportasi massa dan karena ada perdebatan di dalam kontrak, terjadilah sebuah demo besar-besaran. Bennie and Clovis Martin, pemilik Martin Brothers’ Coffee Stand and Restaurant berinisiatif untuk memberikan makanan gratis kepada para pendemo. Mereka menyediakan roti berlapis daging (sandwich) berukuran besar dan berjanji akan selalu menyediakannya sampai demo tersebut berakhir. Setiap kali ada yang datang meminta makanan, mereka akan berkata “Here comes another Poor Boy”. Dari sanalah nama Po-Boy berasal.

Foto dari: http://whereyat.wordpress.com/

Pada tahun 2011, acara ini berlangsung di bulan November. Sebuah organisasi yang bernama Stay Local! mengadakan sebuah terobosan yang berhubungan dengan mempromosikan produk lokal New Orleans. Mereka bekerjasama dengan sebuah organisasi lain yang bernama Neighborland yang mempunyai ide-ide kreatif. Tujuan mereka adalah untuk membantu komunitas-komunitas sosial berkembang dan terbentuk di dalam masyarakat.

Foto dari: Neighborland.com

Mereka membuat sebuah kampanye kreatif dengan membagikan sebuah formulir berstiker di dalam acara tersebut. Formulir tersebut bertuliskan: I want ________ in my neighborhood. Setelah mereka mengisi formulir tersebut, mereka akan menempelkan di baju mereka dan pihak Stay Local! akan mengambil foto mereka.

Foto dari: handbook.neighborland.com

Foto dari: handbook.neighborland.com

Inspirasi-inspirasi tersebut akan disampaikan kepada pemimpin-pemimpin lingkungan, pemilik-pemilik properti, pihak developer dan pemerintahan daerah dengan harapan akan ada perubahan di masa yang akan datang. Penyampaian aspirasi ini akan dilakukan oleh tim Neighborland.

Foto dari: neighborland.com

Ada 2 hal menarik yang kita bisa petik dari kisah diatas. Pertama, “Good things happen over coffee”. Bennie and Clovis Martin sang pemilik coffee stand memberikan dukungan untuk perubahan di New Orleans. Dengan sandwich dan secangkir kopi supaya pendemo tetap semangat mempertahankan haknya. Kedua, Stay Local and start small. Banyak hal yang dapat kita lakukan dari komunitas terkecil. Mulai dari keluarga, RT, RW, sekolah, kampus, dan lainnya.

Supaya ke-lokalan kita tidak hilang, mungkin kita semua bisa membuat gerakan serupa, atau mendukung gerakan-gerakan lain yang menyuarakan kekayaan Indonesia. Siapa tau dari gerakan kecil seperti Neighborland, dapat ‘menyentil’ para pemimpin lingkungan atau bahkan negara untuk lebih mengembangkan potensi dalam negeri daripada mendatangkan hal-hal dari luar negeri saja.

 

Artikel oleh: @novenia

About author

50 Toko Buku Terindah di Dunia

Kopling pernah bercerita soal 10 perpustakaan terindah yang ada di dunia, tapi buat kamu yang suka baca buku pasti merasa wajib juga untuk mendatangi toko-toko ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official