Siphon Coffee Maker

5796171155_9004ff65db_b

Mungkin belum banyak orang yang pernah mendengar tentang siphon coffee, meskipun alat pembuat kopi ini sebenarnya sudah ditemukan sejak tahun 1840-an. Konon ada yang mengatakan bahwa penemu alat ini adalah seorang ibu rumah tangga, tapi ada juga yang mengatakan bahwa penemunya adalah seorang insinyur kelautan. Baru pada tahun 1960-an alat yang dapat membuat kopi dengan tekstur yang lembut ini banyak dibuat oleh orang, baik di Amerika, Kanada, maupun di Inggris Raya. Dan kini, di awal Abad 21, teknik ini lebih banyak lagi menarik perhatian orang.

Alat ini bekerja dengan prinsip sedot atau vakum dan terdiri dari 4 bagian: bagian dasar di mana air awalnya diletakkan, bagian atas yang mempunyai sebuah tabung yang menempel dengan lubang di dasarnya (di sini kopi diseduh), sebuah bahan yang mirip karet yang digunakan sebagai katup, dan sebuah filter yang terbuat kaca, atau kertas, metal, atau bahkan kain.

Sumber panas dari alat ini berasal dari tiga jenis bahan: sumbu yang terbuat dari kain (ini yang paling pelan dalam prosesnya), gas atau semacam kompor listrik (lebih cepat, tentunya), atau semacam butane khusus (yang tercepat). Alat tambahan untuk memanaskan kopi antara lain adalah sistem pembakaran dengan halogen yang harganya bisa mencapai $20,000.

Lalu bagaimana cara membuat kopi dengan siphon coffee ini?

Yang terpenting adalah:

1. Gunakan bubuk kopi yang segar, yang baru digiling.
2. Setelah digiling, langsung diseduh, tanpa harus menunggu.
3. Jaga dan monitor suhu selama proses penyeduhan.

Berikut adalah video cara pembuatan kopi dengan alat ini:

Ketika kita membeli siphon coffee maker, kita biasanya akan dikasih filter-nya, tapi filter ini harus kita ganti sendiri nantinya. Lalu bahan apa yang kita gunakan untuk penggantinya?

Kain

Pilih yang lumayan tebal, atau kalau terlalu tipis bisa dilipat dua. Bentuk menjadi bulatan, lalu beri benang di tepinya untuk “menempelkan” filter ini pada tempatnya. Bahan kain ini sebenarnya yang paling baik karena tidak dapat hancur karena minyak. Jangan lupa, kain yang digunakan harus bersih dan bebas dari bau apapun.

Kertas

Filter kertas ini bisa dibeli, dan keuntungannya adalah filter ini lebih praktis karena hanya tinggal dibuang setelah dipakai.

Kaca

Sisi buruknya adalah bubuk kopi mungkin bisa terselip di antara kisi-kisi filter kaca ini.

Lalu, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyeduh kopi dengan siphon coffee maker ini? Ya tergantung selera sih pada akhirnya. Semakin lama, rasa kopinya akan semakin kuat dan semakin pahit. Untuk pembuatan 2-3 cangkir kopi, 60 detik sebenarnya sudah cukup. Untuk 5 cangkir kopi, butuh sekitar 2 menit. Dan lagi-lagi, semuanya kembali tergantung kepada sumber panas yang digunakan, selain selera.

vac-stumptown-620x620

Dalam perkembangannya, siphon coffee maker ini sekarang modelnya sudah lebih kece. Adalah Davide Mateus, seorang desainer asal Portugal yang menggabungkan cara klasik dengan cara modern. Tentunya bentuk seperti ini jadi lebih cocok buat nongkrong di coffee shop yang bergaya lebih modern sih.

img_3_1386105045_c062dca2bb865a0907328aa35c2792d3-329x440

Selamat mencoba.

 

Sumber gambar: Spanish Hipster dan beberapa sumber lainnya

Kotoran Kambing Seharga $50

Para pencinta tanaman pasti sudah tahu bahwa kotoran kambing itu adalah salah satu bahan terbaik untuk dijadikan bahan pembuat pupuk. Bukan hanya untuk pohon, tapi ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official