Jadi Jagoan Kopi di Rumah

coffee-at-home

Kalo kamu termasuk orang yang HARUS ngopi BEBERAPA KALI dalam sehari, dan setiap kali ngopi kamu HARUS ngopi di coffee shop, kenapa nggak belajar bikin kopi yang rasanya bisa seenak kopi di coffee shop? Lumayan lho, bisa ngirit – apalagi di tanggal tua kayak begini.

Kopi instan bisa jadi alternatif, tapi kalo kopi kesukaan kamu yang dijual di coffee shop rasanya nggak ada yang dijual dalam bentuk kopi instan, kan repot juga yah. Lagi pula, kalo kamu bikin kopi sendiri di rumah, kamu jadi bisa nyobain berbagai macam kopi, sekaligus belajar bikin berbagai macam kopi. Selain itu, kopi buatan sendiri kan bisa lebih customized, lebih sesuai dengan selera kamu, mulai dari halus/kasarnya bubuk kopi, rasa pahit/asam/manisnya kopi, takaran susunya, encer/kentalnya. Pokoknya lebih “kamu” deh.

Caranya gimana? Kamu harus mau belajar banyak tentang kopi. Kalo kamu memang pencinta kopi sejati tentunya kamu nggak akan keberatan kan belajar tentang salah satu hal yang paling kamu cintai itu.

Nggak, kamu nggak harus sampe kursus jadi barista untuk bisa memperbaiki pembuatan kopi kamu di rumah secara dramatis dan cepat, dan kamu juga nggak harus beli mesin-mesin kopi yang harganya jutaan rupiah. Yang penting kamu punya beberapa peralatan yang dasar banget, terus punya biji kopi yang bagus, dan terus latihan di rumah. Dalam beberapa minggu, kalo kamu rajin latihan, pasti kamu akan lebih trampil dan kopi buatan kamu bisa-bisa lebih enak dibanding buatan coffee shop.

digital-scale

Beberapa alat untuk bikin kopi yang wajib kamu beli kalo kamu memang niat untuk jadi ahli bikin kopi kelas rumahan adalah grinder yang bisa ngegiling biji kopi dengan sangat halus. Harga grinder ini cukup bervariasi, mulai dari yang mahal sampai yang harganya di bawah satu juta rupiah juga ada. Terus kamu juga harus punya dripper (harganya sekitar dua ratus ribuan rupiah) buat kamu bikin kopi enak dengan cara manual brew, server (carafe dari beling yang ada ukurannya, harganya hampir mirip sama harga dripper), juga timbangan dapur digital, yang harganya kira-kira sekitar seratus ribuan.

Dripper Server

Dengan alat-alat di atas, kamu akan bisa mendapatkan variasi rasa kopi yang sebenarnya, karena sebenernya ketepatan dalam menakar berat biji kopi dan volume air itu penting banget untuk menghasilkan minuman kopi yang enak. Dalam pembuatan kopi, kalo beratnya selisih setengah gram aja rasanya udah beda. Jadi memang harus akurat banget.

Ribet ya kedengarannya? Nggak seribet itu sih pas dijalanin. Untuk pembuatan 12 ons kopi aja cuma butuh waktu 6 menit – dari manasin air di dalam ketel sampe kamu melakukan sruputan pertama. Kalo kamu bikinnya asal-asalan tanpa ngukur juga kurang lebih waktunya segitu kan? Palingan cuma lebih cepet sedikit, jadi nggak apa-apalah ya agak lamaan sedikit kalo hasilnya memuaskan. Dan juga cara ini jauh lebih cepet dibanding dandan, manasin mobil, ke coffee shop terdekat, parkir mobil, ngantri, dan sebagainya kan? Hehehe…

Kalo kamu bisa dan mau bikin kopi sendiri di rumah, kamu memberikan diri kamu sendiri untuk nyobain lebih banyak rasa kopi, mulai dari kopi Indonesia yang jenisnya banyak itu, kopi Afrika, Arab, dan banyak jenis kopi lainnya. Seru kan? Jadi memang sih, punya semua alat yang disebutin di atas itu sia-sia juga kalo nggak punya biji kopi yang bagus.

Abis terima THR nanti, nggak ada salahnya tuh sebagian uangnya dibuat untuk beli alat untuk bikin kopi sama biji kopi yang bagus. Kopi yang dibikin nggak harus melulu kopi item kok, kamu juga bisa bikin kopi susu sendiri di rumah. Coba deh.

 

Salam srupuuuuth!

 

Foto dari: splendidtable.org dan sumber lainnya

Art Market Jakarta 7: bits and bobs

Menuju Art Market Jakarta 7 yang akan diadakan tanggal 28-30 April 2017 di Kuningan City, yuk kita kenalan dengan para peserta yang ikutan! Salah satu ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official