Keindahan Jejak Kaki Bangsa Serangga

Yang punya binatang peliharaan pasti tau bahwa binatang juga bisa mimpi kayak manusia, dan kita juga tau dari sirkus bahwa binatang bisa melakukan apa aja yang manusia bisa lakukan, seperti berhitung, misalnya.

Ternyata, binatang juga bisa melukis lho. Dan yang lebih menariknya lagi, bukan cuma binatang-binatang besar, tapi juga binatang semungil serangga!

Rumah lebah sendiri juga sebenernya kalo dipikirin adalah sebuah karya seni arsitekur tersendiri. Juga laba-laba. Selain lebah dan laba-laba, bangsa lalat juga membangun rumah mereka.

serangga2

John Knuth, seorang seniman asal Los Angeles memperhatikan dan menemukan keindahan dalam rumah lalat. Bukan rumahnya, tapi lukisan yang (tanpa sengaja) dihasilkan oleh para penghuni di rumah itu. Lalat membuat rumahnya dari muntahannya sendiri dan dari muntahannya itu, tercipta lukisan yang indah.

John Knuth ngasih makan 200.000 ekor lalat yang dipesannya secara online(!) dengan gula, air, dan pigmen cat air. Ratusan lalat itu kemudian memuntahkan apa yang mereka makan ke atas kanvas, dan makanan yang “keras” akan terpecah menjadi cairan. Hasilnya adalah lukisan abstrak yang tekstur dan warnanya sangat halus.

serangga3

Kenapa lalat? Karena John awalnya penasaran gimana caranya lalat menyebarkan penyakit dan gimana cara mereka mencernakan makanan. Dia pun jadi semakin tertarik.

Nggak jelas juga apakah makanan yang dikasih John ke para lalat itu beracun atau nggak, tapi yang pasti mereka suka banget. Hehehe…

Lain John Knuth, lain Steven R. Kutcher. Seniman sekaligus ahli entomologi ini memperhatikan cara menggambar serangga, termasuk… kecoa. Buat dia, kelembutan kaki binatang yang menjijikan ini nggak bisa menggantikan kuas apapun dalam melukis. Dan karena ada jutaan spesies serangga, pilihan “kuas” yang akan dipakai tentunya nggak terbatas.

serangga4

Selama 10 taun Kutcher memuat daftar semua serangga berkaki 6 untuk menciptakan lukisan abstrak yang penuh warna. Caranya adalah dengan mencat kaki para serangga itu dengan cat yang nggak beracun. Menurutnya, ini adalah seni tingkat tinggi.

Ide menggunakan serangga untuk melukis ini terinspirasi oleh proyek iklan yang pernah dibuat Kutcher untuk Steven Spielberg, “Amazing Stories”. Kutcher yang memang mempelajari tingkah laku serangga ini menamakan dirinya sendiri “bug whisperer”. Serangga yang pertama digunakan Kutcher untuk melukis adalah lalat, tapi kemudian ide itu terhenti dan dia mencoba serangga lainnya.

serangga1

Kutcher nggak hanya menggunakan serangga untuk melukis, tapi juga binatang kecil lainnya seperti laba-laba dan kalajengking, tapi yang paling menjadi favoritnya adalah kumbang hitam dan kecoa.

Kalo binatang seperti lalat dan kecoa yang dibenci oleh hampir semua orang aja bisa membuat sesuatu yang indah dengan jejak kaki mereka, lalu kita manusia, jejak apa yang sudah kita buat?

Melukis Dengan Darah

Sehabis berhasil membuat suatu mahakarya, biasanya kita akan bilang, “Saya bersimbah darah, keringat, dan air mata sewaktu membuat karya ini!” *okeagaklebay* Tapi intinya adalah Kopling ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official