Sejumput Kayu Manis dalam Secangkir Kopi

Dalam usaha apapun, kita perlu kreativitas, termasuk usaha untuk mengurangi kalori dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi. Sebagai contoh, menukar satu sendok teh gula dan satu sendok teh krim dengan dua sendok bubuk kayu manis untuk menghemat 70 kalori di setiap cangkir kopi kita. Ngurangin kalori ini bukan selalu hanya untuk menjadi kurus, tapi sebenarnya juga investasi kesehatan di masa depan kan?

Cinnamon-Coffee.ashx

Sudah banyak riset yang membuktikan bahwa satu sendok teh bubuk kayu manis saja yang kita konsumsi setiap hari dapat membantu kita untuk mengurangi berat badan. Kenapa bisa begitu? Karena kayu manis itu kaya akan mangan, zat besi, kalsium, dan serat. Pada jaman dahulu kala, kayu manis sudah banyak dipakai untuk menyembuhkan diare, gangguan pada pencernaan, sariawan usus, juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, kayu manis juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan membunuh kolesterol jahat, karenanya kayu manis sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dan jantung. Berita baiknya adalah, sesuai dengan namanya, kayu manis rasanya manis, tapi manisnya tetap aman bagi penderita diabetes.

Selain itu, kayu manis dapat mencegah penimbunan lemak dalam tubuh, sehingga sangat baik dikonsumsi bagi kita yang ingin mengurangi berat badan. Kayu manis juga mampu menunda jalannya makanan dari perut ke usus kita, jadi kita merasa kenyang lebih lama dan makan lebih sedikit. Kayu manis juga dapat membantu tubuh kita untuk memproses karbohidrat agar bekerja lebih efisien. Beberapa penelitan menunjukkan bahwa kayu manis itu terutama dapat mengurangi lingkar perut. Ini tentunya berita yang menyenangkan, bukan?

Bandingkan dengan pemanis seperti gula, misalnya, yang dapat menaikkan berat badan, buruk bagi penderita diabetes, dan bahkan dapat menjadi racun dalam tubuh kita. Tapi beberapa orang memang tetap lebih memilih untuk memasukkan gula ke dalam kopi mereka, karena merasa manisnya kayu manis itu aneh di lidah mereka. Padahal, tanpa gulapun kopi nggak akan kalah nikmatnya jika diminum dengan sejumput kayu manis.

Hidup memang pilihan, kan?

 

Sumber gambar: mccormick.com

Kopi: Mitos vs Fakta pt.1

Mitos. Ada yang benar, ada yang nggak. Ada yang harus dipercayai, ada yang bohongan. Ya, mirip-mirip ramalan bintang gitu deh, tapi kalo mitos lebih bisa ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official