Benih-Benih Kebenaran dari Truth Coffee

Kamu masih inget nggak sama cerita Kopling tahun lalu tentang 2 orang dua orang anak muda lulusan Berkeley University, Alejandro Velez dan Nikhil Arora yang sukses nanem jamur tiram pada bubuk bekas kopi? Juga tentang fakta yang mengatakan bahwa kadar asam yang ada di biji kopi itu bagus banget buat beberapa jenis tanaman?

Ini ada cerita yang nggak kalah keren dan serunya. Kali ini dari Cape Town, Afrika Selatan. Di kota itu ada sebuah kedai kopi yang namanya “Truth Coffee” yang punya inisiatif keren banget dalam rangka peduli lingkungan hidup. Nama proyeknya adalah: “Seeds of Truth”.

truthcoffee3

Truth Coffee ini bekerja sama dengan NATIVE, sebuah perusahaan digital agency yang bergerak di bidang digital marketing. Keduanya sukses mentransformasi gelas-gelas kopi bekas jadi pot tanaman. Keduanya sadar bahwa nggak mungkin menghentikan orang dari beli kopi, dan nggak mungkin juga menyajikan kopi di gelas atau cangkir pecah belah yang nggak disposable, terutama untuk para konsumen yang belinya take away. Tapi tentunya ada cara untuk mengurangi sampah dari gelas kopi kertas ini, dan mereka menunjukkan gimana caranya mendaur ulang.

truthcoffee2

Kalo 1 orang mesen 1 gelas kopi aja selama setahun setiap hari secara terus menerus, orang itu secara nggak langsung udah menambah 1 ton sampah, membabat 30 meter hutan, dan menambah 10 kilo karbon pada lapisan udara. Itu baru 1 orang. Gimana kalo ratusan orang kan?

Jadi gimana caranya menghilangkan si gelas-gelas kertas itu, atau mengubahnya menjadi sesuatu yang organik? Dengan cerdasnya, Truth Coffee dan NATIVE mengimplan bibit tanaman di dalam gelang pelindung yang membungkus gelas kopi itu.

truthcoffee1

Jadi, setelah kopinya abis diminum, orang tinggal merobek kertas pelindung yang ngebungkus gelas kopi, terus dimasukin ke gelasnya, tambahin tanah, air, dan sedikit kesabaran, lalu… akan tumbuhlah sebuah tanaman! Gelas ini juga bisa ditanam di kebun, jadi seiring berjalannya waktu, gelas ini pun akan hancur di dalam tanah. Atau kalo kamu lebih memilih untuk nanem di “pot kertas” juga boleh.

Nggak asal-asalan, gelas-gelas kopi kertas edisi terbatas ini didesain khusus oleh seorang ilustrator, Christian Venter. Kamu bisa memilih bibit tanaman yang kamu mau: basil, rocket, atau thyme.

Kalo kamu kebetulan ada di Afrika Selatan dan kepengin nyobain kopi di Truth yang “berhadiah” bibit tanaman itu, kamu bisa ke:

Truth
36 Buitenkant Street
Cape Town

 

Sumber gambar: truthcoffee.com

Cara Ngopi Meriah di Kantor

Bosen nggak sih ngopi di kantor yang rasanya nggak variatif gitu? Bisa sih ke warung kopi sebelah, tapi kadang kerjaan numpuk, deadline menghantui, jadinya nggak ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official