Reveal your biggest secret!

“A secret spoken finds wings.” ~ Robert Jordan, the Path of Daggers

Bayangkan seluruh dunia mengetahui rahasia terbesarmu dalam hidup yang sebelumnya ngga pernah kamu ungkapkan ke siapapun. Kira-kira, apa pengaruhnya ke orang lain dan ke dirimu sendiri? Mungkin itulah yang ingin digali oleh Frank Warren, pendiri proyek Post Secret.

Pada tahun 2005, Frank Warren mencetak 3.000 kartu pos kosong yang kemudian dibagikan ke orang-orang ngga dikenal, diselipkan di antara buku-buku di perpustakaan dan toko buku, dan bahkan di taman. Ia mengajak orang-orang untuk mengungkapkan rahasia yang belum pernah diungkapkan ke siapapun, tanpa perlu menyebutkan siapa dirinya. Saat itu, 100 orang ngga dikenal mengirimkan kembali kartu pos itu kepadanya dan Frank memuatnya ke dalam blog.

Ngga disangka-sangka, sejak itu Frank mulai kebanjiran kartu pos dari berbagai penjuru dunia. Situs www.postsecret.com menjadi salah satu situs yang paling banyak dikunjungi dan di rumah Frank sendiri kartu pos begitu menggunung hingga seperti membentuk piramid.

Proyek ini telah menghasilkan beberapa buku dan pameran yang masih terus berjalan hingga sekarang.

Dalam videonya, Frank membagikan beberapa rahasia dalam kartu pos yang ia terima. Ada yang lucu, mengagetkan, menakutkan, dan juga sangat menyentuh.

Proyek Post Secret ini juga menginspirasikan seseorang bernama Mathew Prepost untuk melakukan sesuatu. Pada awalnya ia melihat kartu pos berisi foto yang bertuliskan bahwa ada orang yang menemukan sebuah kamera yang hilang dan mencetak foto itu kemudian mengirimkannya ke Post Secret. Sejak itu, ia membuat sebuah situs sederhana berisi kiriman foto-foto dari kamera yang hilang, agar orang dapat menemukan kembali kamera dan kenangannya. Pasti banyak dari kita yang pernah ketinggalan kamera waktu berlibur ‘kan?

Yang paling mengharukan dari cerita ini adalah sebuah kartu pos terakhir yang ditunjukkan oleh Frank di dalam videonya.

Ketika kartu pos ini dimuat di dalam blog Post Secret, banyak orang yang mengirim dan menyimpan voicemail sebagai kenang-kenangan jika orang yang mereka sayangi meninggal. Ada satu gadis yang mengirimkan kepada Frank pesan terakhir yang ia peroleh dari neneknya sebelum neneknya meninggal. Seperti apa pesannya? Yang jelas sangat mengharukan. Coba deh tonton videonya di bawah ini.

“Secrets can take many forms. They can be shocking, or silly, or soulful. They can connect us to our deepest humanity or with people we’ll never meet… Again.” ~ Frank Warren

Artikel oleh: @patipatigulipat

About author

Hujan di Bulan Juni

tak ada yang lebih tabah dari hujan bulan Juni dirahasiakannya rintik rindunya kepada pohon berbunga itu tak ada yang lebih bijak dari hujan bulan Juni ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official