Buku-Buku Tentang Kopi

Jumpa lagi dengan artikel kolaborasi Kopi Keliling dengan Toodz House. Sebelumnya kita sudah sama-sama baca beberapa artikel tentang kopi seperti: “Kopi dan Susu #3- Edisi Rumah (Fresh Milk)”, “Latte Art Tutorial”, dll. Kali ini Andanu Prasetyo a.k.a Tyo akan memberikan rekomendasi buku-buku yang membahas kopi! Apa aja bukunya? Yuk kita simak sama-sama.

 

Buku-Buku Tentang Kopi

Menurut gue, saat ini cukup sulit untuk dapetin literatur yang membahas tentang dunia kopi. Kalaupun ada biasanya sudah penulisan lama, dan kebanyakan yang dibahas adalah seputar khasiat kopi. Akhir-akhir ini gw suka jalan-jalan cari buku-buku yang berhubungan dengan kopi. Gw nemu sih beberapa buku, mulai dari resep, falsafah kopi, komik, teknis, dll. Cuma mungkin yang gw share ke kamu di sini hanya 3 yang paling recommended aja. Tiga buku ini sangat enak dibaca dan punya visual yang menarik. Jadi meskipun sedikit teknis tapi ga bosenin!

 

Coffee with Tim Wendelboe

Buat teman-teman yang belum tahu, Tim Wendelboe ini adalah Juara Barista Dunia tahun 2004. Biasanya yang beli buku ini karena tertarik dengan si Tim Wendelboe-nya. Gue pun begitu, saat lagi jalan pagi-pagi minum kopi di Market Lane Coffee, Melbourne, gue melihat muka si Bung Tim ini terpajang di rak mereka. Dan pas gw lihat-lihat, ternyata menarik banget buku ini. Langsunglah buku ini jadi pelampiasan ‘BM’ gue di pagi hari itu. Untuk sebuah buku mungkin lumayan mahal, cuma karena faktor kualitas isi, penulis, serta print yang sangat baik, buku ini sangat worth it demi sebuah ilmu pengetahuan.

Beberapa orang berpikir bahwa kopi adalah sesuatu yang berat dan sangat teknis. Namun itu semua tergantung cara seseorang menjelaskan sesuatu. Itu yang gue rasakan setelah baca buku ini. Bahasa yang digunakan tidak seberat buku kopi lainnya. Buku ini mampu menjelaskan proses di dunia kopi yang sangat ribet menjadi mudah untuk dipahami. Visual yang digunakan pun sangat jelas dalam mendeskripsikan setiap paragraf. Tim hanya fokus terhadap variabel-variabel utama yang perlu kita perhatikan dan ketahui di dunia kopi. Sisanya dia membebaskan kita untuk melakukan eksplorasi lebih mendalam di kehidupan kita sehari-hari.

Buku ini sangat menarik untuk kita jadiin panduan dalam memilih, mempelajari, dan menikmati kopi. Sangat bermanfaat untuk orang yang bekerja di dunia kopi, para pecinta kopi, atau pun yang baru mulai ingin menggali lebih dalam tentang kopi. Sayangnya buku ini tidak banyak yang menjual. Namun jika banyak yang berminat boleh titip beli bareng Toodz House cafe. Harganya sekitar Rp 920.000 – Rp 1.010.000,-.

 

Komik “BARISTA”

Gue awalnya beli komik ini bener-bener cuma iseng aja, karena gue pikir ini ‘serial cantik’ yang ngambil ceritanya di sebuah coffee shop. Cuma pas gue baca di rumah, ternyata buku ini sangat menarik lho. Gaya gambarnya aja yang seperti ‘serial cantik’, tapi isinya sangat detail dan dinamika ceritanya sangat mirip dengan kehidupan para barista.

Gue ceritain sedikit sinopsisnya yah. Jadi barista adalah seseorang yang menyiapkan dan melayani kita saat minum kopi di coffee shop. Selain memiliki keterampilan untuk membuat kopi, barista juga dituntut supaya bisa melayani konsumen dengan segala pengetahuan yang mendalam tentang kopi. Barista yang baik itu harus pandai berinteraksi dengan pelanggannya juga.

Aoi Kouki adalah seorang barista asal Jepang yang bekerja di salah satu coffee shop di Italia. Suatu hari sebuah perusahaan besar tertarik dengan kemampuan Kouki sebagai seorang barista yang tidak hanya mahir dalam membuat kopi, namun juga mampu melayani pelanggan dengan sangat baik. Mereka berminat untuk mengundangnya bekerja sebagai barista di coffee shop milik perusahaan Italia yang akan dibuka di Jepang. Kouki awalnya bimbang karena sudah merasa nyaman di tempat kerjanya saat itu, namun akhirnya dia menerima undangan tersebut dan kemudian karir dan perjalanannya sebagai barista di Jepang pun dimulai.

Yang gue suka dari komik ini adalah cerita yang mereka sajikan sangat nyata dan teknis. Kejadian-kejadian yang ada di komik ini juga benar-benar dijelaskan dengan baik. Jadi, kita bisa sambil belajar tentang kopi sambil membaca komik. Setau gue komik ini sampai tergolong ‘Science-Fact‘ di sebuah forum. Komik ini sangat membantu kita untuk mengenal dinamika yang dialami seorang barista saat bekerja, baik dengan teman kerjanya, atasan, dan juga dengan beragam jenis tamu mulai dari yang baik sampai yang menyebalkan.

Saking bagusnya komik ini, sampai suka ada teman-teman yang dateng ke Toodz House suka pinjem! Tapi sayangnya lupa ngebalikin. Akhirnya gue harus beli lagi, lalu dipinjem lagi, dan enggak balik lagi. Please, kalau yang minjem komik dari Toodz baca artikel ini, balikin yaa.. #colongancurhat.

Komik ini bisa kamu dapetin di Gramedia. Harganya kalau tidak salah sekitar Rp 16.000,-. Ayo buruan beli, menarik banget komiknya!

 

The Secret of Barista

Buku ini adalah karangannya Om Edy Panggabean. Sebelumnya Om Edy sudah pernah nulis buku yang judulnya “Buku Pintar Kopi” dan “Mengeruk Untung dari bisnis Kopi Luwak”. Dari ketiga buku tersebut, “The Secret of Barista” yang menurut gue paling cocok buat teman-teman.

“Barista, sebutan untuk profesi peracik kopi. Di tangan seorang barista cita rasa secangkir kopi menjadi begitu nikmat. Sebab, dalam setiap cangkir kopi yang tersaji ada jiwa seorang barista. itulah, mengapa cita rasa kopi di setiap kafe tidak sama. keahlian seorang barista dalam meracik kopi bernilai mahal. dan buku ini mengulas semua hal yang berkaitan dengan profesi seorang barista” (Kutipan dari buku “The Secret of Barista”)

Jadi, dengan membaca buku ini teman-teman jadi semakin kenal bagaimana passion dan effort seorang barista dalam menyajikan minuman kopi terbaik untuk kita. Selain itu, karena buku Om Edy yang kali ini juga lebih banyak visualnya, seperti bagaimana proses pembuatan Espresso, Latte Art, dll, kita jadi lebih jelas dalam memahami setiap proses yang disampaikan. Buku ini juga menyajikan bagaimana seni meracik kopi, kiat menyangrai kopi, berbagai menu kopi, seni menyajikan kopi, seni melayani pelanggan, hingga kompetisi barista Indonesia yang akan diselenggarakan bulan November nanti.

Buku ini akan sangat menarik untuk teman teman yang ingin menjadi barista atau ingin membuka coffee shop, seorang profesional di dunia kopi, atau sekedar sebagai pecinta kopi. Buku “The Secret of Barista” bisa kamu dapatkan di beberapa coffee shop/cafe (seperti Toodz House, dll) atau bisa juga beli di Gramedia. Kisaran harga buku ini di pasaran sekitar Rp 55.000,- – Rp 75.000,-, tergantung kamu beli di mana.

Nah itu tadi adalah 3 buku yang gue rekomendasiin sementara ini. Tentunya kalau semakin banyak teman-teman yang tertarik membaca buku kopi seperti di atas akan membuat para penerbit dan penulis membuat literatur tentang kopi lebih banyak dan lebih baik lagi. Gue harap juga dengan begini semakin banyak teman-teman yang dapat mengerti kualitas serta proses bagaimana kopi bisa jadi enak ketika sudah disajikan di depan kita. Dengan semakin kritisnya kita terhadap kualitas perkopian kita, semoga akan menjadi hal positif untuk para pelaku industri kopi untuk meningkatkan mutunya juga. Nah, dengan begitu kualitas kopi kita pasti akan semakin baik di mata dunia. –  @AndanuPrasetyo.

 

About author

Kopi: Lain Negara, Lain Rasanya

Kamu percaya nggak bahwa kita semua punya sifat dasar? Bukannya bermaksud rasis ya, tapi nggak bisa dipungkiri bahwa sifat dasar tiap ras itu ada. Misalnya, ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official