Fear Not Project

Tinggalkan rasa takutmu di belakang! Itulah yang ingin disampaikan oleh Jennifer Maria Harris, seorang seniman yang tinggal di San Fransisco, ketika ia terpikir untuk membuat Fear Not Project. Proyek yang dimulai sejak tahun lalu ini adalah sebuah proyek seni komunitas yang menciptakan suasana anti-rasa takut dalam bentuk tulisan/seruan dan suara di tempat-tempat umum, seperti jalanan dan ruang kesenian.

Saat ini, Fear Not Project terdiri dari Fear Not Indirect Mail, the Fear Not Library, dan Fear Not Radio. Pada prinsipnya, siapapun bisa mengirimkan seruan “Have No Fear” ke alamat yang tertera di websitenya (fearnotproject.com) untuk kemudian diwujudkan dalam bentuk pin yang bisa ditempel di tempat-tempat umum. Nah, siapapun yang menemukan pin ini bisa memindahkan pin ini ke tempat lain sehingga ada orang lain lagi yang bisa menemukan dan membacanya.

Kalau the Fear Not Library berisi 18 buku paling populer yang tulisannya telah ditutupi dengan tinta putih kecuali pada kalimat-kalimat yang memiliki makna “Have No Fear”.

Sementara Fear Not Radio berisi rekaman suara banyak orang yang menyerukan makna “Have No Fear”. Kalau berminat, kamu juga bisa berpartisipasi dengan menggunggah suaramu ke tautan yang ada di websitenya loh.

Berikut adalah penjelasan dari Jennifer Maria Harris mengenai konsep Fear Not Project, seperti yang dikutip dari artlarking.wordpress.com.

“Fear Not Project dibuat berdasarkan ide ini: jika kita semua memerhatikan pesan-pesan anti-rasa takut di media dan dunia sekitar kita serta memfokuskan diri untuk membagikan pesan tersebut dengan orang lain, kita akan mendapatkan keuntungan. Ini sebenarnya berlawanan dengan kecenderungan kita di mana kita melihat sesuatu yang harus kita waspadai dan membagi informasi tentang apa yang kita takutkan. Apalagi di masa sekarang informasi tersebar di mana-mana dan saya rasa ujung-ujungnya kamu bisa mendapatkan pandangan yang salah tentang dunia yang sebenarnya. Saya nggak bilang nggak ada hal yang perlu kita takutkan, atau nggak ada situasi yang sulit, tapi menurut saya tingkat fokus kita akan ketakutan nggak hanya berdampak buruk bagi kita, tapi juga memengaruhi pandangan kita terhadap orang lain. Kita jadi lebih takut terhadap orang lain. Dengan adanya orang-orang yang membagikan seruan anti-rasa takut kepada orang lain, kita jadi bisa merasakan ada yang menyenangkan dari mendengar ratusan orang mengatakan pada kamu untuk jangan takut.”

Menurut saya, idenya sederhana, tapi membangkitkan semangat! Coba bayangkan misalnya kamu sedang berjalan menuju suatu tempat untuk mempertaruhkan hidup-mati dan tiba-tiba di tengah jalan kamu melihat sebuah pin yang bertuliskan “do not be afraid”. Pasti secara otomatis semangat kita akan meningkat. Lalu, memang benar seperti yang dikatakan Jennifer Maria Harris bahwa banyak pemberitaan yang mengungkapkan sisi menakutkan dunia daripada sisi yang membangkitkan semangat. Padahal, di dunia yang memang semakin kejam ini, masih banyak orang-orang yang berpikiran positif dan berjuang untuk memberikan semangat kepada orang lain. Inilah yang seharusnya kita bagi juga agar semangat yang sama menular ke lebih banyak orang.

 

Artikel oleh: @Patipatigulipat

 

About author

Coffee Delivery Service

Pernah terpikir nggak sama kamu, bagaimana seandainya yang bisa dipesan melalui delivery service itu nggak cuma fast food dan yang bisa kamu beli secara online ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official