Art For Hunger

Berawal dari acara pameran amal ACT, Kopling kenalan dengan seorang seniman bernama One Zhan, yang akhirnya juga menjadi salah satu seniman peserta pameran. Naah, bung One ini punya spesialisasi di lukisan Pop Surrealism. Selain itu juga paling suka memakai bahan daur ulang seperti kertas, kayu, dan lain-lainnya, untuk dijadikan karya. Mungkin karena hobinya mengoleksi vintage toys yang menginfluensi gaya berkaryanya.

Yang paling menarik dari kegiatan seni One Zhan bagi Kopling adalah sebuah proyek yang dibuatnya, bernama ‘Art For Hunger’. Dari namanya kita sudah bisa menebak kira-kira kegiatan apa yang dilakukan. Jadi bung One ini membuat karya, lukisan, sketch, yang kemudian dijual untuk membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu. Karena para pengemis, tunawisma, orang gila, pengamen, pedagang asongan, untuk makan teratur saja itu sulit.

Mbah Salam

Contoh saja mbah Salam, yang sudah berumur 73 tahun. Hidup literally seadanya. Tidur dibale-bale pasar. Bekerja sebagai asisten juru parkir lepas untuk cari makan sehari-hari. Mbah Salam sebenarnya punya seorang putri di Sragen, berkeluarga dengan 4 anak. Namun tidak bisa numpang hidup di sana. Dari bantu parkir, mbah Salam hanya mendapatkan 25 ribu rupiah, habis untuk makan, minum kopi, dan sesekali beli rokok.

Mbah Salam adalah salah satu dari banyak saudara kita yang One Zhan berusaha untuk bantu dengan ‘Art For Hunger’ nya. 4 buah karya serial tercipta dengan judul ‘Hungry Like The Wolf,’ dengan menggunakan media bolpoin di atas kertas. Karya ini dijual seharga 150,000 rupiah/buah.

Kalau kamu mau ikut bantu mbah Salam dengan beli karya di atas, atau bantu saudara kita lainnya melalui proyek seni One Zhan, kamu bisa segera mampir ke websitenya di artforhunger.blogspot.com, atau nanya langsung via Twitter ke @onezhan.

 

Artikel oleh: @RaymondMalvin

About author

Jangan Katakan Ini Kepada Para Seniman

Apakah pacar kamu seniman? Atau mungkin, kamu punya teman, kenalan, kerabat yang seniman, entah itu pelukis, penulis, atau apapun? Hmmm… Begini, banyak orang yang belum ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official