Population: In or Out

Population adalah sebuah pameran yang digagas berdasarkan proses perpanjangan dari sebuah hasil kerja kolaboratif* 4 orang artist yaitu: Media Legal, Reflect (Indonesia) Snozze, dan Super Sunday (Malaysia) selama di Malaysia. Dalam beberapa percakapan Media Legal dengan Snozze dan They, street artist Malaysia yang merupakan penggiat karya-karya graffiti yang cukup aktif untuk melakukan proses kerja bersama. Dan praktik ini pula yang menginisiasi Media Legal dan Reflect bahwa street art adalah fenomena seni urban yang terjadi di berbagai negara sampai hari ini.

Dengan bantuan teknologi social media dan arus informasi yang ada, street artist bisa menawarkan ide, gagasan dalam ruang maya. Beberapa aktivitas street art yang ada di berbagai negara kini mulai masuk ke dalam wilayah pengembangan di publik, berpartisipasi dengan warga, medium pembelajaran seperti: graffiti teach, menciptakan iklan-iklan komersial di ruang perkotaan, hingga dicap vandal oleh institusi pemerintah.

Tema “Population” dipilih oleh 4 artist ini karena posisi Malaysia dan Indonesia, walau dibatasi oleh batas wilayah namun keduanya masih memiliki kebudayaan yang sama. Pembicaraan tentang identitas hingga hari ini sudah tidak penting di budaya subculture anak-anak muda. Isu terakhir hubungan antar Malaysia dan Indonesia sedang menghangat dalam dunia politik, namun lain halnya yang terjadi di dunia street art yang malah menciptakan kerjasama yang baik.

Hal tersebut memungkinkan mereka yang tinggal di wilayah geografis yang sama dan memiliki kemampuan probabilitas persilangan dengan rekan-rekan street art yang lain. Dan kerjasama dalam bentuk pameran ini akan menciptakan representasi karya yang berbeda dengan bertukarnya ide bersama. Adapun dalam rangkaian pameran ini pula keempat artist ini akan membuat karya bersama, teaser di jalan-jalan, workshop video dokumentasi, dan lain sebagainya.

pameran-survive

*Kolaborasi pameran ini di ikuti 4 peserta, Media Legal, reflect dari Indonesia dan Snozze, super Sunday dari Malaysia. Dalam pameran ini berlangsung pula workshop video dokumentasi oleh DFS4.

About author

Kenapa Atlit Lari Butuh Kopi?

Kayaknya, semakin lama semakin banyak orang yang suka olahraga lari ya? Bukan lari dari kenyataan lho ya, tapi lari beneran. Menurut beberapa pelari, seberapa hebatnya ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official