Bos Kopi Terkaya & Termuda di Australia

phillip-di-bella

Masih inget dong kalo kemarin Kopling pernah ngasih tau kamu beberapa alasan kenapa jadi barista itu seru? Nah, ada sebuah majalah bisnis di Australia yang namanya “BRW” dan majalah ini baru ngeluarin daftar 100 orang muda terkaya di Australia. “Muda” menurut versi majalah itu adalah mereka yang umurnya di bawah 40 tahun.

Hasilnya adalah 28 dari 100 orang itu tinggal di luar Australia (kebanyakan di San Francisco) dan 93% dari mereka adalah laki-laki.

Di nomor 15 dalam daftar itu ada nama Phillip Di Bella dengan taksiran kekayaan AU$83 juta. Phil ini dulunya adalah seorang barista yang kemudian punya bisnis kopi dan sekarang kopinya udah ada di 1.200 cafe dan restoran di seluruh Australia. Usia Phil saat ini baru 35 tahun, padahal. Hebat ya!

Waktu masih jaman kuliah dulu, Phil kerja part-time buat bayar biaya kuliahnya dan biaya hidupnya dengan kerja sebagai barista di Cosmopolitan Coffee. Menurutnya, dia nggak cuma orang yang rajin, tapi juga orang yang praktis dan selalu mau belajar.

Berbekal pengetahuannya sebagai seorang barista dan ilmu niaga yang dia dapat semasa kuliah, Phil akhirnya mendirikan perusahaan kopi sekaligus cafe dengan nama “Di Bella Coffee” dengan modal awal AU$5.000. Tahun ini, umur Di Bella Coffee baru 10 tahun tapi udah berkembang pesat, bahkan mereka punya gudang sendiri di Brisbane, Sydney, Melbourne, dan jadi pemasok biji kopi untuk seluruh Australia. Hanya dalam waktu sepuluh tahun lho!

Selain jadi boss kopi, Phil juga merangkap sebagai direktur di Brisbane Marketing and Queensland Tourism and Events. Dia ingin menyumbangkan sesuatu dan ingin membangun kebudayaan lokal di Australia. Tahun depan, Di Bella akan mengeluarkan kopi kalengan pertama mereka dengan nama Espresso Kick.

Orang yang sukses adalah orang yang punya visi dan misi sejak usia muda, dan ini terbukti dengan Phil. Sejak kecil, cita-cita adalah jadi seseorang yang dikenal – dan cita-citanya sekarang udah tercapai. Menurut Phil, orang yang sukses itu adalah adalah orang-orang yang berada di lingkungan orang-orang yang tepat. Orang nggak akan mungkin sukses kalo berada di lingkungan yang nggak mendukung mimpinya atau punya pasangan yang malah menjauhkan orang itu dari mimpinya. Inspirasi Phil sendiri datang dari anak-anaknya. Mereka adalah sumber kegembiraannya, dan mereka mengingatkannya untuk tetap sederhana dan rendah hati.

Apa rahasia Di Bella sampe bisa sesukses itu? Menurut Phil, karena dia mengutamakan manusianya dulu, baru kopinya. Kok? Iya, karena rasa kopi yang enak atau nggak itu kan tergantung selera masing-masing orang, tapi pelayanan yang dikerjakan manusia itu kalo buruk ya buruk, kalo buruk ya buruk. Jadi intinya, Di Bella ini mengutamakan pelayanan.

Phil juga selalu berusaha untuk puas dengan apa yang dia miliki dan yang jadi patokan keberhasilan suatu usaha, menurut Phil, bukan jumlah uang yang masuk, tapi kepuasan pelanggan. Kalo kita melakukan semuanya dengan cara yang benar, uang dengan sendirinya udah nunggu di depan pintu.

Orang yang sukses itu bukan cuma karena nasibnya atau memang terlahir untuk sukses, tapi karena diajarin gimana caranya jadi orang yang sukses. Makanya, Phil juga segera akan jadi dosen tetap di Griffith University Business School. Dia akan mengajarkan gimana caranya untuk menggunakan gelar kesarjanaan untuk mencapai kesuksesan.

Jadi, siapa bilang sekolah itu nggak penting?

 

Sumber foto: news.com.au

In Situ OPEN Studio: Monica Hapsari

Seniman residensi bulan Februari ’16 kami, Monica Hapsari, adalah seorang ilustrator/perupa/musisi/pengajar/pengarah gaya asal Jakarta. Setelah banyak melahirkan karya ilustrasi maupun karya seni yang berhubungan dengan ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official