Pesatnya Perkembangan Budaya Kopi di Korea

Sudah membaca pengalaman Jerry Hadiprojo saat berada di Seoul dan berkeliling ke beberapa coffee shop kan? Kali ini Kopling ingin bercerita tentang beberapa coffee shop lainnya yang nggak kalah menariknya yang ada di Korea.

Korea ini kasus yang sangat menarik. Orang-orang Korea sebenarnya adalah bangsa yang mempunyai budaya minum teh yang sangat tinggi, sama seperti negara-negara oriental lainnya. Tapi perkembangan budaya kopi di Korea semakin lama semakin pesat. Tahun lalu saja, menurut bea cukai di Korea, ada sekitar 120.000 ton biji kopi yang diimpor ke Korea. Dan saat ini, orang Korea minum sekitar 329 gelas kopi sehari, yang membuat negara ini menjadi peminum kopi ketiga terbanyak di dunia setelah Filipina dan Singapura. Nggak heran kalau di Seoul sendiri ada 284 cabang Starbucks, sementara di New York City hanya ada 277.

Yang menarik dari coffee-coffee shop di Korea ini, mereka semua mempunyai temanya masing-masing dan semua tema mereka sangat menarik. Keunikan lainnya adalah orang Korea baru berkunjung ke coffee shop di malam hari, sekitar pukul 10 sampai 11 malam. Di pagi dan siang hari, malah coffee shop mereka terbilang sepi. Hal ini disebabkan karena orang Korea biasanya tinggal dengan orangtua mereka sampai mereka menikah, dan ketika ada kencan yang datang, orang tua sering ikutan nguping. Tentunya ini sangat mengganggu, bukan? Karenanya mereka lebih memilih untuk berkencan di coffee shop. Beberapa coffee shop malah baru buka setelah pukul 10 pagi.

coffee-culture-waffles

Waffles adalah salah satu menu favorit untuk mendampingi kopi di Korea Selatan (daegook.files.wordpress.com)

Hal lainnya yang menarik dari coffee shop di Korea adalah pendamping minuman kopinya. Orang Korea sangat pintar membuat kue dan roti, terutama pastries. Banyak sekali pilihan yang mereka sodorkan kepada para tamu dan semuanya enak-enak!

Keunikan lainnya adalah di Korea nggak ada yang menjual kopi dengan cara drive-thru. Kenapa? Karena orang Korea nggak suka dengan cara ini. Menurut budaya mereka, kalau kita minum kopi cepat-cepat artinya kita nggak suka dengan orang-orang yang berada di sana, dan meminum kopi dengan cara perlahan artinya kita sangat menikmati obrolan dengan teman bicara kita. Lumayan sensi juga ternyata mereka ya?

Sama seperti Jepang, Korea juga menyajikan coffee shop unik yang rasanya perlu kamu coba kalo lagi berkunjung ke negeri ini. Berikut beberapa coffee shop unik di Korea yang bikin Kopling penasaran!

Dreaming Camera

dreaming-camera-cafe-is-shaped-like-a-vintage-rolleiflex-designboom-01

Dreaming Camera, sebuah cafe berbentuk kamera Rolleiflex (sumber gambar: designboom.com)

Alkisah ada sebuah keluarga di Korea Selatan yang sangat mencintai kamera dan fotografi, lalu mereka membangun sebuah bangunan dua lantai berbentuk kamera Rolleiflex bergaya vintage di sebelah rumahnya. Yang menarik, bangunan ini nggak hanya terlihat keren di luar, karena di dalamnya mereka membuat sebuah cafe bernama Dreaming Camera! Sebenarnya awalnya bangunan tersebut didirikan dengan tujuan untuk menjadi tempat bagi siapapun yang ingin berbagi cerita dan membantu orang-orang untuk menemukan dan mencari mimpinya. Pemilik cafe ini selalu mengambil foto para pengunjungnya, kemudian dicetak secara instan, dan mendorong mereka untuk menuliskan mimpinya secara singkat di pinggiran foto tersebut.

dreaming-camera

Suasana di dalam Dreaming Camera (sumber gambar: theverge.com)

Kamu punya mimpi yang belum tersampaikan atau masih mencari mimpi besar? Coba mampir ke sini, siapa tau kamu menemukan inspirasi.

Standing Coffee

20121014_204354

Standing Coffee (sumber gambar: bustininkorea.blogspot.com)

Sesuai dengan namanya, orang-orang yang dateng ke Standing Coffee ini mesti siap-siap berdiri karena tempat ini nggak menyediakan kursi. Tapi yang jelas, para perempuan, terutama kamu penggemar k-pop, wajib ke sini karena para barista di Standing Coffee ini semuanya pria dan ganteng-ganteng! Wah, mau ngantri mau berdiri seberapa lama juga betah kali yah kalo pemandangannya enak? Buat para pria, ini jadi peringatan supaya kamu jangan ngajak kencan pasangan ke coffee shop ini ya. Hehe…

October2012-040

Ini dia para barista di Standing Coffee. Yak, dipilih dipilih… (sumber gambar: myseoulsearching.com)

Website: www.standingguys.com

Dingdong Cafe

20120806123428

Dingdong Cafe bertemakan traveling (sumber gambar: hongdaejkhouse.blogspot.com)

Coffee shop lainnya yang sangat menggoda adalah Dingdong Cafe yang terletak di Hongdae. Tempat ini bertemakan traveling dan dinding-dindingnya ditempeli poster-poster dari manca negara. Tempat ini juga katanya sangat sepi, dan baristanya bisa berbicara dalam bahasa Inggris dengan lancar. Penting banget kan itu ya?

20120806123445

Interior di dalam Dingdong Cafe (sumber gambar: hongdaejkhouse.blogspot.com)

 

Budaya Korea memang makin lama makin menarik, begitu pun dengan produk mereka. Orang Korea sangat memanjakan mata konsumen dengan presentasi yang sangat menarik. Tapi mungkin sama seperti drama atau boyband Korea, nggak semua orang suka menikmatinya meskipun yang suka juga nggak kalah banyaknya.

Apakah kamu salah satu penggila budaya Korea?

Batik dan Kebudayaan Indonesia

Batik kembali naik daun setelah ditetapkannya Hari Batik sejak tanggal 2 Oktober 2012 tahun lalu. Setiap Jumat, kebanyakan kantor menghimbau para pekerjanya untuk berbusana batik ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official