Peran Poster dalam Kampanye Politik

Gimana, gimana? Apakah kamu sudah menentukan siapa calon presiden dan calon wakil presiden yang akan kamu pilih pada tanggal 9 Juli 2014 nanti? Menyenangkan ya, demokrasi di Indonesia saat ini sudah sangat jauh lebih berwarna ketimbang di jaman Orde Baru. Mari kita syukuri, dan jangan dijadikan ajang untuk mencari musuh. Hehe… Sayang banget kan, nanti ketika masa kampanyenya selesai, kita jadi kehilangan banyak teman?

Ngomong-ngomong, peran media dalam masa kampanye ini sangat penting, lho. Dan tentunya, termasuk pembuatan poster untuk para kandidat presiden itu. Sebuah poster politik akan lebih mudah dibuatnya ketika calon yang akan dibuatkan posternya itu memang punya kredibilitas yang baik, mempunyai sejarah politik yang baik, dan tentunya mempunyai slogan yang baik. Setuju?

posterr

Eoghan Harris dan poster karyanya (sumber gambar: independent.ie)

Ada seorang pembuat poster politik dari Amerika Serikat, Eoghan Harris, yang membagikan pengalamannya. Harris ini mengawali karirnya di dunia poster politik pada tahun 1989 ketika dia menjadi penasehat media utuk sebuah kampanye di Eropa yang slogannya adalah “A Breath of Fresh Air”. Kampanye ini sukses.

Lalu setahun kemudian, Harris mendapat jabatan yang sama untuk kampanye Mary Robinson. Kampanye ini terbilang sukses, meskipun kandidatnya nggak berhasil menjadi Presiden. Kampanye itu termasuk sukses ketika orang jadi lebih banyak mengenal calon presiden yang dijagokan, meskipun belum tentu nantinya akan menjadi Presiden. Dikenal itu penting. Popularitas itu penting, karenanya pembuatan poster semacam ini sangat penting.

Di Amerika Serikat, komponen terpenting daam pembuatan poster politik itu adalah nama si kandidat. Di Indonesia juga begitu sih ya. Tapi sebenarnya ada faktor psikologis yang terkandung di dalamnya. Selain nama, sebenarnya faktor lain yang nggak kalah pentingnya adalah logo. Ini yang sering dilupakan orang, bahkan konon Obama membuat sendiri logonya.

palin_plumber_2012

Contoh poster politik (sumber gambar: wordpress.com)

Lalu masalah warna juga penting bagi para pembuat poster politik di Amerika Serikat. Warna biru biasa melambangkan partai demokratik, sementara merah adalah warna partai republikan. Tapi merah di negara lain bisa diasosiasikan dengan komunis atau peringatan tanda bahaya…

political_posters_9

Contoh poster politik (sumber gambar: wordpress.com)

Poster politik yang efektif harus mempunyai pandangan yang tegas, seperti misalnya poster “I Want You” yang memuat gambar Paman Sam dari jaman Perang Dunia I. Selain itu, poster itu juga harus dapat menggetarkan orang yang membaca dan melihatnya. Nggak mustahil, orang bisa berpindah hati ke calon presiden yang lain karena poster, lho…

shepard-fairey-obama-poster

Poster politik Obama yang dibuat oleh Shepard Fairey (sumber gambar: hilobrow.com)

Poster Obama yang menangkap hati banyak orang di tahun 2008 dibuat oleh Shepard Fairey, dan kemudian disebarkan di jalan-jalan di San Francisco. Tadinya dalam poster ini ada kata “progress”, tapi kemudian diganti dengan kata “hope”. Orang lebih suka kata yang terakhir itu ketimbang kata yang pertama, jadi pemilihan kata itu memang sangat penting. Fairey ini sangat cerdas, dan dia tahu bahwa manusia itu butuh diberi harapan. Gara-gara poster ini, banyak orang beralih ke Obama dan akhirnya Obama pun memenangkan pemilihan Presiden tersebut. Fairey membuktikan bahwa sebuah poster politik dapat mempunyai pengaruh yang sangat dramatis.

Jadi kesimpulannya, apa yang membuat sebuah poster politik dapat dibilang sukses? Nggak lain adalah perpaduan antara waktu yang tepat bagi sang calon presiden, slogan yang epik, dan tentunya gaya yang artistik.

Selamat merayakan pesta demokrasi!

Semangat Kemerdekaan Para Seniman

Dari dulu hingga sekarang, peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus selalu diharapkan menjadi simbolisme pembaharuan semangat-semangat para pahlawan Indonesia saat merebut ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official