Pemimpin Dunia yang Berdarah Seni

Politik adalah seni, dan dunia seni sendiripun nggak bisa lepas dari politik. Setuju?

Tapi yang mau dibahas Kopling bukan seni untuk berpolitik sih, tapi beberapa pemimpin dunia yang ternyata juga seorang seniman. Siapa aja sih mereka?

Adolf Hitler

Hitler-painting-1

Hitler sebenernya suka seni, tapi sialnya dia nggak lulus ujian untuk masuk Art Academy of Vienna. Nggak hanya sekali, tapi dua kali. Duh, itu yang nggak ngelulusin Hitler mungkin akhirnya nyesel ya. Kalo Hitler jadi seniman, mungkin dia nggak akan ngebunuh-bunuh orang gitu kan, karena udah bahagia jadi pelukis? Tapi biarpun gagal, Hitler tetap ambisius untuk jadi pelukis, bahkan selalu ngaku bahwa dirinya pelukis. Bahkan ada sebuah buku lukisan cat air yang diterbitkannya di tahun 1937, dan di situ ditulis: “at once the First Fuehrer dan the First Artist of our Reich.” Wah.

Winston Churchill

120119044935-winston-churchill-sunday-painter-story-top

Justru dunia malah akan menyesal kalo Churchill jadi seniman dan bukannya jadi polisi. Selama Perang Dunia II, Churchill diem-diem suka bawa-bawa kanvas, cat minyak, kuas yang terbuat dari bulu unta, dan parkir di sebuah tempat yang tersembunyi untuk menghisap sigar, minum sampanye, dan melukis. Churchill sangat suka melukis matahari saat terbenam, atau ketika matahari terbit – menurut Celia Sandys, cucunya. Churchill pernah bilang, “Nanti ketika aku sudah meninggal dan berada di Surga, aku mau menggunakan sejuta tahunku yang pertama untuk melukis.” Jadi bisa aja saat ini Churchill sedang melukis di Surga ya?

Dwight Eisenhower

dwight-eisenhower-artist-painting-1

Teman melukis Churchill adalah seorang jenderal Amerika yang kemudian menjadi Presiden, Eisenhower. Lukisan Eisenhower kebanyakan mirip kartu-kartu Natal jaman dulu, yang ada saljunya dan burung kecilnya.

Benjamin Disraeli

Disraeli

Perdana Menteri Inggris di Abad 19 ini pernah menulis 18 novel, dan beberapa di antaranya termasuk berani untuk jaman itu.

Saddam Hussein

Saddam

Juga pernah menerbitkan beberapa novel. Salah satu novelnya yang berjudul “Get Out of Here, Curse You!” kena interupsi dalam penerbitannya karena invasi Amerika di tahun 2003. Tapi 3 bukunya yang lain jadi best sellers. Bisa jadi karena memang buku-bukunya memang jadi bacaan wajib di sekolah-sekolah di Irak ketika itu…

Jimmy Carter

jimmy carter

Mantan Presiden Amerika ini juga pernah menerbitkan menerbitkan sebuah buku puisi yang bertemakan masa kecilnya sampai masalah geopolitik.

George W. Bush

smokinggunbath7

Siapa sangka bahwa mantan Presiden Amerika yang satu ini juga seorang pelukis? Salah satu lukisannya adalah lukisan dirinya ketika sedang… mandi. Gaya melukis Bush banyak dipengaruhi oleh Edgar Degas dan Edouard Manet. Wah, sama kayak Eko Bintang dong ya? Hehehe…

Pertanyaannya: Kenapa mereka suka membuat karya seni, seperti melukis dan menulis? Karena pemimpin dunia juga manusia biasa yang kadang kesepian, dan pelarian mereka adalah seni. Dan dalam membuat karya seni, semua orang menjadi pemimpin dalam karyanya sendiri.

Uhm… Ngomong-ngomong, kita sendiri punya Presiden yang juga dapat menulis lagu, bukan?

cd_lagu_sby

 

Sumber foto: smokinggun.com dan beberapa sumber lainnya

Keindahan Jejak Kaki Bangsa Serangga

Yang punya binatang peliharaan pasti tau bahwa binatang juga bisa mimpi kayak manusia, dan kita juga tau dari sirkus bahwa binatang bisa melakukan apa aja ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official