PLACE.MAKING Exhibition

Dia.Lo.Gue Artspace kembali lagi ngadain pameran seru. Pameran terakhir yang Kopling kunjungi di sana adalah Map’s Reimagined. Kali ini judul pamerannya adalah PLACE.MAKING. Kalau Kopling enggak salah nangkep nih, intinya sih arti kata Place.Making’ adalah sebuah obyektif dari kegiatan berarsitektur. Bahasa mudahnya adalah ‘membuat tempat’. Dalam proses ‘membuat tempat’ tentunya terdapat banyak hal di dalamnya. Maka sebuah proses Place.Making’ adalah proses yang mengandalkan kepekaan terhadap sesuatu yang abstrak dan nyata, serta kemampuan untuk melakukan translasi dari ranah abstrak ke ranah nyata.

Pada saat ide arsitektur terjadi, arsitektur memberikan abstraksi bagi lingkungan di sekitarnya. Sebagai proses spiral yang berputar saling mengisi. Ada hal-hal tak terduga yang kemudian timbul dalam kegiatan berarsitektur. Penggunaan arsitektur adalah sesuatu yang sebaiknya diprovokasi hadir dan bukan dihindari. WOW! Susah yah bahasanya hahaha. Jadi intinya sih proses arsitektur (contoh: membuat bangunan) akan mendapatkan masalah dari lingkungan sekitar dimana dia dibangun. Masalah yang tak berujung dan tak mungkin dibuktikan sampai bangunan itu hadir dalam bentuk nyata. Mungkin ini lebih pas jika kita gunakan sebagai landasan untuk melihat arsitektur adalah sesuatu yang hidup dan bukan hanya sebuah obyek.

Jadi yang harus dipahami adalah arsitektur bukan hanya sebuah ‘olah ruang’, namun lebih ke sebuah proses ‘membuat tempat’ . Dimana kuncinya adalah kalau ada kata ‘tempat’ otomatis akan ada unsur manusia yang akan ‘menempatinya’.

Pameran PLACE.MAKING ini terdiri dari 2 (dua) pameran yang disusun secara naratif tentang bagaimana pendekatan pendidikan arsitektur di Universitas Pelita Harapan mendemonstrasikan pemahaman tersebut. Pameran ini akan berlangsung selama 2 (dua) minggu, 7 sampai 22 Juli 2012. Pameran PLACE akan membuka kegiatan pameran ini yang akan dilanjutkan secara simultan dengan pameran MAKING pada minggu kedua.

Info lebih lanjut klik di sini, atau bisa nanya langsung dengan mention ke @dialogue_arts.

Poster Pameran Place.Making

About author

Kopi Telur

Nggak cuma mentega yang bisa jadi alternatif buat campuran kopi selain susu, tapi juga telur. Pernah denger atau bahkan udah pernah minum “kopi telur”? Kopi ini ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official