Pameran Raden Saleh

Apa yang muncul di bayangan kamu ketika dengar nama Raden Saleh? Mungkin ingetnya adalah cerita di buku pelajaran sejarah jaman sekolah dulu. Sekedar mengingatkan, Pangeran Raden Saleh Syarif Bustaman lahir pada tahun 1811 dari keluarga Tumenggung Kyai Ngabehi Kertoboso Bustaman, keluarga Bupati dan Bangsawan terkenal di Indonesia pada jamannya.

Selain dikenal atas dukungan heroiknya pada masa perjuangan kemerdekaan Diponegoro, Raden Saleh merupakan seniman lukis pertama di Indonesia yang menggunakan gaya barat. Hal tersebut berawal dari tahun 1829 dimana Raden Saleh muda pergi ke Eropa untuk belajar menjadi seorang pelukis. Pertama di The Hague, lalu Dresden dan Paris. Selama di Eropa, Raden Saleh banyak bertemu dengan seniman-seniman besar, diantaranya adalah Eugène Delacroix. Lengkapnya informasi mengenai Raden Saleh bisa kamu baca di sini.

Kenapa sih Kopling bahas Raden Saleh? Jadi di Bulan Juni ini akan ada pameran “Raden Saleh dan Awal Seni Lukis Modern Indonesia” yang diselenggarakan oleh Goethe-Institut bekerjasama dengan Kedutaan Besar Jerman dan Galeri Nasional Indonesia. Sebuah pameran yang sangat spesial selain karena diadakan di tahun di mana Raden Saleh berulang tahun ke-200,  pameran ini adalah pameran monografi hasil karya Raden Saleh yang baru pertama kali diadakan di Indonesia. Berikut info lengkapnya.

 

 

“Raden Saleh dan Awal Seni Lukis Modern Indonesia”

3 Juni 2012, 10:30 WIB (PEMBUKAAN UNTUK UMUM)

di Galeri Nasional Indonesia, Jalan Medan Merdeka Timur No. 14, Jakarta Pusat.

Gratis

 

Dilanjutkan dengan Wayang Diponegoro untuk Keluarga Lokakarya mengenai Wayang Kulit tokoh sejarah Indonesia: Pelukis Raden Saleh dan Pangeran Diponegoro

Balai Serba Guna, Galeri Nasional Indonesia. Pukul: 15:00 – 17:00 WIB

Belajar melalui Wayang adalah tradisi lama di Indonesia. Salah satu Dalang terbesar Indonesia dari Yogyakarta, Ki Ledjar Soebroto dan cucunya Ananto Wicaksono menggunakan kekuatan Wayang untuk membuat anak-anak tertarik pada sejarah dan budaya. Di dalam rangka Lokakarya Wayang di Galeri Nasional mereka akan mementaskan Wayang Kulit tentang dua tokoh sejarah Indonesia: pelukis Raden Saleh dan Pangeran Diponegoro. Setelah pementasan, orang tua dan anaknya dapat bersama-sama belajar mengenai cara pembuatan Wayang Kulit dan mengenal lebih jauh tokoh-tokoh sejarah tersebut diikuti dengan mencoba bermain Wayang sendiri.

dilanjutkan dengan Pementasan Wayang Diponegoro. Galeri Nasional Indonesia, Pukul: 19.00 WIB

Sumber dari: radensaleh.jerin.or.id

About author

Artfully Yours

Hari Kamis tanggal 10 May lalu Kopling ikut serta dalam acara Pecha Kucha Volume 11. Buat yang mungkin belum tau, jadi Pecha Kucha Jakarta sebuah ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official