[OPEN SUBMISSION EXTENDED] Kopi Keliling Volume 8

Seperti yang udah pernah Kopling infokan kemarin, Pameran Kopi Keliling Volume 8 yang tadinya mau diadakan tanggal 5-7 Juni ternyata harus diundur. Meskipun sedih karena harus menunda kegiatan, tapi Kopling juga senang karena berarti Open Submission untuk Pameran Kopi Keliling Volume 8 bisa diperpanjang sampai 12 Juni 2015.

Masih sama seperti format yang sudah direncanakan, Ika Vantiani bertindak sebagai kurator pameran, dan Pameran Kopi Keliling Volume 8 ini berfungsi sebagai pameran amal tahunan Kopi Keliling, yaitu ACT. Maka dari itu, hasil penjualan karya yang dipamerkan akan digunakan untuk pengembangan proyek Baraka Nusantara (Keberkahan untuk Kepulauan Indonesia), sebuah gerakan pendidikan dan kemandirian pangan melalui Kopi Pahlawan dan Rumah Belajar Sankabira.

Untuk ikutan open submission, silakan langsung baca aja kata pengantar pameran yang sudah dipersiapkan Ika Vantiani sebagai berikut.

Latar Belakang

Kopi dan masyarakat Indonesia. Tentunya lebih dari sekedar minuman, kopi juga sudah menjadi bagian dari budaya dan adat berbagai suku di Indonesia. Misalnya kepercayaan di suku Minang, setelah masa persalinan, seorang ibu disarankan makan telur dan minum kopi. Di beberapa tata cara adat pernikahan, kopi pahit menjadi perlambang harapan kepada Tuhan. Begitu pun pada saat upacara pemakaman, ada adat di Papua yang memasukkan kopi ke dalam salah satu benda wajib yang diserahkan kepada pihak keluarga yang ditinggalkan.

Artinya, kopi memang sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia selain sebagai gaya hidup dan bagian dari adat istiadatnya, karena itu pula tidak heran apabila kemudian kopi juga mampu menjadi pemicu kebiasaan ataupun budaya-budaya baru yang baik lainnya di Indonesia saat ini. Baik yang sifatnya temporer maupun yang kemudian dengan harapan menjadi permanen.

Pameran Kopi Keliling Volume 8

Hari ini, kopi sudah memiliki kapasitas untuk ikut menciptakan berbagai bentuk budaya dan gerakan positif yang tidak hanya berhubungan dengan komunitas yang berhubungan dengan kopi itu sendiri, bahkan lebih luas lagi.

Kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kelangsungan hidup hewan yang dilindungi, dukungan untuk pembangunan fasilitas publik di daerah terpencil, dan banyak lagi bentuk kegiatan positif lainnya dimana ada keterlibatan kopi di dalamnya.

Karenanya di pameran Kopi Keliling Volume 8 ini, kami ingin mengangkat tentang budaya atau kegiatan positif yang penciptaannya baik secara langsung maupun tidak langsung berkaitan dengan kopi. Seniman bisa sekedar melihat, terlibat bahkan mungkin menjadi pencetus dari budaya baik yang berkaitan dengan kopi ini. Diharapkan dengan karya-karya yang dibuat nanti akan ikut menyebarkan budaya-budaya baru yang baik ini menjadi sesuatu yang lebih besar lagi manfaatnya dari saat ini.

Persyaratan Umum

  1. Karya harus manual.
  2. Karya individual, tidak dikerjakan secara kolektif.
  3. Ukuran karya maksimal berukuran A4 (21 cm x 29,7 cm).
  4. Media kanvas sudah di spanram sehingga tinggal pajang di ruang pamer.
  5. Persyaratan teknis lebih lanjut akan dibicarakan pada tahap Kurasi 2.
  6. Hasil penjualan karya akan didonasikan untuk gerakan Baraka Nusantara yang berlokasi di Sembalun, Lombok.

Proses Seleksi

  1. Kurasi Tahap 1:
    • Seleksi berdasarkan konsep yang dikirimkan ke pihak penyelenggara dan kurator. Yang lolos tahap ini akan diikutsertakan pada Kurasi Tahap 2. Deadline pengumpulan konsep: 12 Juni 2015.
  2. Kurasi Tahap 2:
    • Seleksi berdasarkan konsep dan sketsa, serta diskusi dengan kurator. Karya yang lolos tahap ini akan menjadi karya yang secara resmi mengikuti pameran. Deadline pengumpulan karya: 28 Juni 2015.

Dokumen yang harus dikirimkan untuk mengikuti Kurasi Tahap 1:

1. Biodata

2. Portofolio karya maksimal 5 karya dalam dua tahun terakhir.

  • Portofolio Karya: Dibuat di dalam 1 (satu) file format PDF, maksimal 2MB untuk keseluruhan karya.
  • File dikirimkan ke alamat email kopling8@gmail.com, batas pengumpulan paling lambat tanggal 12 Juni 2015 pukul 23:00 WIB.
  • Bila ada pertanyaan dapat disampaikan ke alamat email contact@kopikeliling.com dengan subject: KOPLING8_Nama

3. Pengiriman dokumen penjelasan konsep dalam format .doc/docx.

4. Pengiriman dokumen sketsa dalam format JPG/PDF, maksimal 2 MB.

Catatan: Segala informasi terbaru akan kami sampaikan melalui websiteFacebookTwitter, dan Instagram Kopi Keliling.

About author

Menciptakan Bentuk dari Cahaya & Bayangan

Waktu kecil dulu, pernah nggak kakak atau orangtua kamu membuatmu terpesona karena mereka dapat membuat bayangan yang mirip burung dan benda-benda lainnya dengan tangan mereka ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official