Ngopi Dulu Yuk Sebelum Nge-gym!

Bulan puasa bukan berarti masalah kesehatan harus terabaikan kan? Justru kita harus semakin menjaga kesehatan akibat pola makan dan pola tidur yang berubah. Olahraga pun nggak boleh ditinggalkan. Dan buat yang suka ngopi, tahun lalu Kopling pernah ngebahas juga bahwa di bulan puasa pun kita tetap boleh ngopi kok.

Buat yang berpuasa, ngopi, dan doyan nge-gym, ada berita baik nih. Ternyata, ngopi sebelum nge-gym itu perlu. Tentunya kalau nge-gym-nya setelah bedug Maghrib ya. Hehe. Alasannya apa?

can-coffee-really-boost-a-workout_detail

Mari ngopi sebelum nge-gym! (sumber gambar: all4women.co.za)

Ada sebuah riset yang ditulis dalam International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism yang mengatakan bahwa para atlit yang meminum kopi sebelum berlatih membakar kalori 15% lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang bukan peminum kopi. Jadi kopi diam-diam adalah minuman super rahasia yang baik untuk kesehatan tubuh. Nggak cuma untuk membakar kalori, tapi minum kopi sebelum berolah raga mempunyai keuntungan lainnya.

Satu

Kopi dapat memperlancar peredaran darah sebanyak 30% ketika kita berolahraga selama 75 menit. Hal ini sangat penting, karena otot kita membutuhkan oksigen. Semakin baik peredaran kita, semakin berguna kegiatan fisik yang kita lakukan.

Dua

Para ahli di University of Illinois menemukan bahwa meminum 2-3 cangkir kopi satu jam sebelum latihan berat selama 30 menit dapat mengurangi rasa sakit pada otot kita. Jadi kita dapat berlatih lebih berat dari biasanya, mempunyai hasil yang lebih baik karena otot kita jauh lebih dapat menahan sakit.

Tiga

Berolahraga itu juga membutuhkan ingatan yang kuat, kan? Karena kita juga mungkin harus menghitung berapa kali kita melakukan sit up, push up, dan sebagainya. Kopi dapat meningkatkan daya ingat.

Empat

Masih soal otot. Kopi juga dapat mencegah menyusutnya kekuatan otot karena usia, termasuk otot yang kita gunakan untuk bernafas. Jadi kopi dapat mencegah kita terkena kecelakaan yang berhubungan dengan usia, seperti terkilir, misalnya.

Lalu, bagaimana setelah berolahraga? Apakah kita masih boleh minum kopi? Boleh dong, justru kalau kita minum kopi setelah berolahraga malah lebih baik ketimbang kalau kita langsung mengkonsumsi karbohidrat, karena kopi dapat menyimpan energi yang dapat kita gunakan untuk berlatih lagi keesokan harinya.

Coffee-with-Cinnamon

Kopi dan kayu manis (sumber gambar: good-wallpaper.com)

Tapi, bukan berarti kamu harus minum kopi sebanyak-banyaknya ya. Untuk meningkatkan performa saat berolahraga, kamu hanya boleh minum 6 mg kopi per berat badan. Jadi misalnya berat badan kamu 60 kg, kamu hanya boleh minum 360 mg kopi. Dan kalau kamu ingin minuman kopimu lebih sehat, jangan diminum dengan susu yang berlemak, tapi ganti dengan susu tanpa lemak dan ganti gulanya dengan kayu manis. Kopling pernah cerita di sinn berbagai manfaat kayu manis sebagai pengganti gula.

Selain itu, kamu harus tetap banyak minum air putih sebagai penyeimbang, dan jangan minum kopi enam jam sebelum tidur, meskipun kamu merasa terlalu letih dan butuh kafein. Kamu harus beristirahat yang cukup juga selain berolahraga dengan cukup, bukan?

Selamat berpuasa dan sekali lagi, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan.

Semua Tentang Busa Kopi

Pernah ngebayangin cappuccino tanpa busa atau foam? Ya nggak serulah ya, pastinya. Foam yang ada di atas secangkir cappuccino atau latte itu nggak cuma memberi ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official