Not you — the Lego Guy!

Cita-cita anak kecil jaman dulu itu kalo nggak jadi dokter ya jadi insinyur. Seakan dua profesi itu yang paling keren, dan yang lain nggak eksis. Ya kan?

Nah, buat anak-anak yang cita-cita dulu waktu kecil kepingin jadi insinyur, pasti sering banget dibeliin Lego sama orangtuanya. Sampe sekarang pun hampir semua anak kecil kenal Lego.

lego

Mainan berbentuk balok warna-warni ini memang udah tua banget, dan sampe sekarang masih bertahan. Penciptanya adalah orang Denmark yang namanya Ole Krik Christiansen, seorang tukang kayu dari Billund. Awalnya, buyut yang lahirnya tahun 1891 ini buat Lego dari kayu di tahun 1932. “Lego” sendiri artinya “play well” atau “bermain dengan baik.” Baru pada tahun 1947 balok-balok Lego ini dibuat dari plastik.

Saking terkenalnya si Lego ini, sampe-sampe di beberapa tempat di dunia dibuat theme park atau taman bermain yang dikasih nama “Legoland”. Awalnya cuma ada di Billund, tempat asal Lego itu sendiri, terus akhirnya juga dibuat di Windsor, Inggris Raya. Setelah itu dibuat juga di Günzburg, Jerman. Legoland ke-empat ada di Carlsbad, California, yang ke-lina di Winter Haven, Florida, dan yang terakhir sekaligus yang paling deket sama kita ada di Nusajaya, Malaysia.

nathan sawaya, si seniman lego

Ada seorang seniman (spesialis) Lego namanya Nathan Sawaya. Diliat dari namanya memang mirip nama India ya, tapi ternyata dia bule dari New York. Nathan ini tadinya kuliah di New York University jurusan hukum, dan akhirnya di tahun 2004 dia milih ninggalin karirnya sebagai pengacara karena mau serius jadi seniman Lego.

Sebagai seniman Lego, tentunya Nathan juga pernah kerja buat Lego itu sendiri. Nggak lama sih, cuma 6 bulan. Terus dia buka studio seni sendiri di kota New York dengan modal pinjaman sebesar $100.000 dan udah jadi seniman bebas yang nggak terikat lagi sama perusahaan Lego. Tapi, Nathan tetep dikasih “gelar” sebagai Lego Certified Professional dari Lego dan dia adalah satu-satunya orang di dunia yang dapet gelar itu. Jadi, kepingan Lego yang dipake Nathan itu gratis dong? Nggak lho, ternyata. Semuanya dia beli sendiri…

Tiranosaurus dari lego karya nathan sawaya

Banyak karya Nathan yang udah diakui dan terkenal di seluruh dunia, di antaranya replika Jembatan Brooklyn yang panjangnya 2.1 meter, lalu tyrannosaurus rex yang tingginya 1.8 meter. Nathan juga udah sering buat pameran tunggal. Yang pertama di musim semi di tahun 2007 di Lancaster Museum of Art. Dia juga sering buat pameran tunggal di Australia sejak tahun 2011. Pada tahun 2012 Nathan mulai merambah Asia dengan pamerannya yang mengguncang Taipei dan Kaoshiung. Saat ini, pameran tunggal Nathan lagi digelar di Taichung, Taiwan, dan ArtScience Museum di Marina Bay Sands, Singapura.

Semua pameran Nathan selama ini sukses terus, membludak, dan menuai pujian. Selain itu, Nathan juga udah nulis 2 buku: “Art of the Brick” (2009) dan “The Art of Nathan Sawaya”. Siapa aja penggemarnya? Donald Trump dan Bill Clinton adalah 2 di antara para penggemar fanatik karya-karya Nathan.

karya dari lego kreasi nathan sawayakarya dari lego kreasi nathan sawaya

Nathan ini bisa bikin apa aja dari Lego. Tanpa kecuali. Tanpa batas. Apapun yang dia liat dan ada di kepala dia bisa dibuat dalam bentuk Lego. Bahan yang dipake Nathan selain Lego adalah komputernya buat ngukur dan ngatur posisi beberapa patung Legonya. Pake lem nggak? Pake, karena beberapa museum dan galeri nggak gitu bisa cara ngejaga patung-patung Lego itu. Takutnya malah berantakan.

Terus, apa nggak sayang gitu ya ninggalin profesi pengacaranya dulu? Ternyata keluarganya lumayan mendukung. Para koleganya iri karena dia berani nurutin passion-nya. Boss-nya bingung. Nathan sendiri sebenernya punya ketakutan-ketakutan tersendiri, seperti misalnya yang tadinya gajinya jutaan dolar pertahun, sekarang jadi degdegan terus tiap bulan karena takut nggak bisa bayar sewa rumah. Tapi ternyata, kekhawatirannya itu nggak beralasan, karena dia sekarang nggak akan jadi segitu menginspirasi dan terkenalnya kalo dulu dia tetep bertahan jadi pengacara. Bahkan waktu dia ketemu Bill Clinton, ada seorang anak kecil nyamperin mereka, dan waktu Clinton mau salaman, anak itu bilang, “Not you — the Lego guy!

Jadi, jangan pernah ragu buat ngikutin kata hati kamu ya, karena pasti dia tahu apa yang terbaik buat kamu!

About author

joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official