Museum Kopi “Hidup” di Hawaii

KCF_540x242

Seperti yang pernah diceritain Kopling waktu itu, bahwa satu-satunya penghasil kopi di Amerika Serikat adalah Hawaii. Nah, di Hawaii ini juga ada sebuah obyek wisata yang berbentuk perkampungan dan semua penduduknya hidup dari kopi! Seru ah, seru. Kita jelajahi yuk!

800px-Panorama_of_the_farmhouse_at_the_Kona_Historical_Society's_Kona_Coffee_Living_History_Farm

Tempat yang bernama “Kona Coffee Living History Farm” ini terletak di Daishaku Uchida Coffee Farm dan luasnya 22.000 m2. Kenapa namanya bisa kejepang-jepangan begitu, karena awalnya tempat ini dimiliki oleh orang Jepang yang datang ke Hawaii ketika baru berusia 19 tahun, Daishaku Uchida. Jaman dulu, para pekerja dari Jepang datang ke Hawaii untuk bekerja di perkebunan tebu, tapi kemudian banyak dari mereka yang memutuskan untuk bikin bisnis sendiri ketika kontrak kerja mereka selesai,termasuk si Uchida ini. Dasar Jepang ya, otaknya selalu jalan. Hehe…

farmExp-3_thumbuchida

Daishaku lalu menikah dengan sepupunya, Shima Maruo, dan pindah ke pertanian kopi yang tadinya milik orang bule yang namanya Henry Nicholas Greenwell. Uchida tinggal di sini sampai istrinya meninggal pada usia 73 di tahun 1966 dan Daisaku meninggal di tahun 1986 dalam usia 99 tahun. Selama hidupnya, keluarga Uchida hidup makmur sentosa karena bisnis kopi mereka. Tiga generasi tinggal dan dibesarkan di tempat ini, sampai akhirnya tempat ini lalu dibuka untuk umum pada tahun 1999.

IMG_0614-coffee-farm-museum

Nah, terus kalo ke sini kita bisa liat apa aja? Di sini ada museum hidup dan pengunjung bisa liat kebun kopi, rumah kopi, juga kuriba (proses penggilingan kopi ala Hawaii). Semua peralatan yang dipake di tempat ini adalah buatan tangan manusia, bukan buatan pabrik. Lalu ada kios kopi yang dibuka untuk para pengunjung. Gratis? Nggak dong. Masuk ke sini harus bayar $15, karena untuk biaya maintenance. Tempat ini udah terdaftar di  National Register of Historic Places di Hawaii sejak tahun 1995. Pertanian kopi ini juga udah banyak memenangkan award karena mereka sanggup mempertahankan keaslian bentuk pertanian dan segala sesuatu yang ada di sini. Mereka juga membuka kesempatan buat orang-orang yag mau jadi sukarelawan sekaligus belajar untuk bikin kopi di sini.

Kona-Coffee-Living-History-Farm

Nah, pada tanggal 5 Oktober 2013 ini, tempat ini akan merayakan ulang tahunnya yang ke-100. Acaranya antara lain demo masak dari seorang celebrity chef, games, kelas kaligrafi, dan tentunya, bazaar makanan. Next time kamu dapat kesempatan jalan-jalan ke Hawaii, mungkin bisa mampir ke sini. Kopling juga mau kok diajak, apalagi dibayarin. *oportunis*

Indonesia, dengan segala kekayaan alamnya, terutama keragaman jenis kopi tentunya, sangat berpotensi menjadi sebuah museum “hidup” yang pasti menarik banyak peminat seperti halnya Kona Coffee Living History Farm ini. Sayangnya nggak banyak orang yang menyadari, atau menyadari namun nggak peduli?

 

Sumber foto: konahistorical.org dan beberapa sumber lainnya

joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official