Kopi: Mitos vs Fakta pt.1

Mitos. Ada yang benar, ada yang nggak. Ada yang harus dipercayai, ada yang bohongan. Ya, mirip-mirip ramalan bintang gitu deh, tapi kalo mitos lebih bisa dijelasin secara ilmiah.

Nah, kali ini Kopling mau ngasih tau beberapa mitos seputar kopi yang ternyata emang benar adanya dan fakta sebenarnya di balik mitos tersebut. Ada apa-apa aja? Yuk baca di bawah ini.

Kafein menyebabkan dehidrasi

Faktanya: kafein mengandung diuretik yang menyebabkan orang jadi kepingin pipis terus, otomatis jadi dehidrasi. Jadi jangan ngopi di tempat yang nggak ada toiletnya ya. Repot juga kan kalo harus pipis terus.

Orang hamil nggak boleh minum kopi banyak-banyak

Faktanya: bolehnya maksimal 2 cangkir sehari, karena kalo kebanyakan nanti detak jantung bayinya jadi nggak teratur. Bukan cuma nggak boleh kebanyakan minum kopi sih, cokelat juga. Jadi buat yang lagi hamil disabar-sabarin aja ya selama sembilan bulan, nanti kalo udah lahiran dan udah selesai masa menyusui kan boleh minum kopi lagi.

Kafein bikin susah tidur

Faktanya: kalo kamu penderita insomnia, jangan minum kopi 6 jam sebelum jam tidur kalo nggak mau begadang semalaman. Hati kita perlu waktu buat move on. Bukan cuma dari pacar lama, tapi juga dari kafein. Lima jam setelah kita minum kopi, 75% efek kafein itu udah hilang dari tubuh kita. Tapi yang bikin susah tidur kan bukan cuma kafein. Orang yang lagi patah hati, jatuh cinta, dikejar deadline, dikejar debt collector juga susah tidur kan?

Kopi itu obat anti pikun

Faktanya: kalo kamu pelupa, minum kopi deh. At least, kopi bisa nguatin memori kamu untuk sementara dan membuat kamu lebih fokus. Kalo kamu mulai lupa sama pacar, itu mungkin pertanda kamu kurang minum kopi.

Kopi bikin payudara mengecil

Faktanya: waduh. Serem ya, sayangnya mitos ini beneran. Tapi jangan takut, karena cuma bikin mengecil aja kok, nggak sampe bikin hilang. Hehe… Ya tapi bisa itung-itung biaya gratis buat ngecilin nih buat yang membutuhkan. #eh

Kafein itu bikin nagih

Faktanya: nah, kalo yang ini tergantung sih. Ada orang yang nggak ketagihan, ada yang ketagihan. Kayak ngerokok kan? Ada orang yang ngerokok cuma buat sosialisasi aja, tapi ada yang sampe nggak bisa kerja kalo nggak ngerokok. Tapi yang pasti orang yang ketagihan kopi terus berenti ngopi bakal sakit kepala, gampang capek, gampang panik, cepet marah, dan susah konsen.

Kopi bisa menyebabkan osteoporosis

Faktanya: bener, tapi itupun kalo kamu minumnya lebih dari 3 cangkir sehari. Kalo kamu nggak bisa hidup tanpa kopi tapi nggak mau tulang kamu keropos, cara ngakalinnya coba minum kopinya dicampur susu.

Anak kecil nggak boleh minum kopi

Faktanya: sebenernya sih sama kayak orang hamil. Bukannya nggak boleh, tapi nggak boleh kebanyakan, karena anak-anak di bawah umur (8-12 tahun) kalo kebanyakan kopi bisa jadi hiper, malah kalo anaknya sensitif bisa cepet marah, susah tidur, dan gampang panik. Mungkin kamu bisa pelan-pelan ngenalin tentang kopi ke anak kecil melalui minuman babyccino.

Kopi bisa bikin kurus

Faktanya: bisa jadi sih, karena kopi mengandung zat yang bisa mencegah sembelit. Siapa yang pagi-pagi hobi minum kopi supaya gampang ngedapetin panggilan alam? Hehehe… Tapi semoga nggak keterusan jadi diare ya.

Espresso kafeinnya lebih tinggi dari kopi lain

Faktanya: iya sih, tapi kafein di 1 shot espresso ya tentunya lebih sedikit kadarnya dibanding kafein di dalam 1 gelas kopi biasa. Hehe… Kalo kamu mau kafein yang lebih kenceng lagi coba minum kopi tubruk.

Minum kopi sebelum olahraga bisa meningkatkan stamina dan penampilan

Faktanya: Wajar kok, karena kopi mengandung zat perangsang. Coba deh minum 1-2 shot espresso sebelum kamu nge-gym, terus bandingin sama waktu kamu nggak ngopi sebelumnya. Eh, ini maksudnya penampilan saat nge-gym ya, bukan saat party.

Sekian dulu mitos-mitos sekitar kopi yang beneran dan boleh kamu percaya. Lain kali kita ngomongin mitos yang menyesatkan ya! Hehehe…

About author

Dazzling Hill

Bagi orang Bandung, Selasar Sunaryo Coffee and Art Space tentu tidak asing. Kompleks seluas 5000 meter2 di perbukitan Dago Pakar dengan pemandangan keren ini adalah ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official