Minuman-Minuman Kopi dari Sumatra pt.2

Orang Sumatera ternyata sangat menyukai kopi. Hampir di tiap daerah, ada jenis minuman kopi yang nggak bisa ditemukan di daerah lainnya di Sumatra. Kali ini, Kopling masih mau berbagi tentang jenis-jenis minuman kopi dari Sumatra, menyambung artikel sebelumnya yang menceritakan minuman-minuman kopi dari Aceh dan Padang.

Pagar Alam

kopi kelelawar

Nah, kalau Bali dan banyak daerah di Indonesia terkenal dengan kopi luwaknya, di Pagar Alam ini yang terkenal adalah kopi kelelawar. Iya, kopi ini dibuat dari biji kopi yang ke luar melalui kotoran kelelawar. Baca selengkapnya di artikel ini. Kabarnya minuman ini dapat menyembuhkan penyakit asma. Boleh dicoba lho, kalau kamu mempunyai sakit asma. Kelelawar memang dikenal sebagai obat yang ampuh untuk asma sejak dulu, sih.

Mandailing Natal

Kopi-Takar-Sumatra-Mandailing-Natal

Di daerah ini ada kopi takar, yang cara penyajiannya mirip dengan aia kawa dari Padang: sama-sama dihidangkan di dalam batok kelapa. Bedanya, kopi takar ini dibuat dengan menggunakan biji kopi seperti minuman kopi pada umumnya, dan dicampur dengan gula aren dan susu kental manis. Untuk pengaduknya, mereka menggunakan batang kayu manis. Konon, minuman ini adalah favoritnya para tentara Belanda yang menduduki Mandailing Natal. Saat ini, kopi takar ini bisa diminum kalau kita ke Mandailing Natal dengan harga Rp3.000 saja. Murah banget ya? Menurut orang-orang yang sudah meminumnya, yang memberi sentuhan unik pada kopi adalah batang kayu manisnya itu.

Sebenarnya, kayu manis memang bagus banget untuk dijadikan campuran kopi, seperti yang pernah dibahas di sini – asal nggak pakai tambahan gula dan susu kental manis sih.

Medan

Kopi-tarik

Kamu tau teh tarik kan? Nah di Medan, kopi juga ada yang dibuat dengan cara seperti ini, dan namanya kopi tarik. Sama seperti teh tarik, kopi ini juga dicampur dengan susu. Minuman kopi ini bisa diminum dalam keadaan dingin atau panas. Harganya? Paling mahal hanya belasan rupiah saja.

Sebenarnya, meskipun kopi Aceh nggak memakai nama “tarik”, pembuatannya juga mirip-mirip sih dengan teh tarik dan kopi tarik ini. Bedanya, kopi Aceh nggak memakai susu, kecuali kopi sanger.

Minuman kopi dari daerah mana lagi yang akan dibahas selanjutnya? Ikuti terus artikel-artikel dari Kopling ya!

Sumber gambar: Berita Seru, Indonesia Kaya, dan beberapa sumber lainnya

CNN Mural Stories

Seringkali saat kita berjalan-jalan ke sebuah tempat, entah tempat itu berada di lingkungan rumah kita, atau sebuah tempat nun jauh di luar kota, di negara ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official