Menggiling Biji Kopi Tanpa Grinder

kopibubuk

Ada yang sih di antara kamu yang pernah mikir: bisa nggak kita bikin kopi dari biji kopi langsung, tanpa digiling? Jawabannya: nggak bisa, karena memang biji kopi itu harus digiling dulu sebelum diseduh.

Kalo kamu tetep “maksa” dan nyeduh biji kopinya tanpa digiling dulu, hasilnya adalah air yang beraroma kopi dan bukan minuman kopi yang sebenarnya. KECUALI, kamu mau bikin cold brew. Itu bisa aja. Kamu tinggal pilih biji kopi yang hitam dan merendam biji kopi itu selama 12 jam, sampai minyak dari biji kopi itu keluar.

Terus, gimana dong kalo kita mau bikin kopi dari biji kopi tapi grinder kopi kita lagi rusak atau malah kita nggak punya grinder kopi? Hmmm… banyak jalan menuju Roma kan? Yang penting ada niat, usaha, dan sedikit kreativitas.

Ulekan

ulekan

Yang pertama, kamu bisa tumbuk biji kopinya pake ulekan. Iya, ulekan batu atau ulekan kayu yang biasa dipake untuk ngulek sambel atau bumbu dapur itu. Pastiin ulekannya udah dicuci bersih ya, supaya kopi kamu nggak jadi bau bawang, jadi pedes, atau jadi kuning kayak kunyit… By the way, Foto di atas diambil di Yerusalem pada tahun 1995. Belum segitu lama ya?

Kantong Plastik

Nggak punya ulekan? Masukkan biji kopi kamu ke dalam sebuah kantong plastik berkualitas baik (mungkin seperti kantong plastik yang biasa dipake untuk nyimpen daging di kulkas itu, yang disebut orang “zip-lock” itu. Tau kan?). Tatakin kantong plastik itu dengan handuk kecil, lalu gunakan palu untuk menghancurkan biji kopinya. Dalam cara ini, palunya bisa kamu ganti pake ulekan yang untuk buat roti itu. Hasilnya kurang lebih akan sama aja.

Mesin Penggiling Daging/Penyerut Es

Atau kamu punya mesin penggiling daging atau mesin untuk nyerut es? Nah, ini juga bisa dipake dan hasilnya akan lebih sedikit  halus ketimbang dua cara lainnya di atas.

Blender

Apa? Kamu punya blender? Kenapa nggak bilang dari tadi? Ya ini cara yang paling praktis dan cepet kan? Keluarin blender kamu dan mulai giling biji kopinya! Semakin halus bubuknya, akan semakin enak kopinya.

 

Atau, kamu kepengin menggiling kopi dengan cara yang lebih praktis lagi tanpa grinder kopi? Ya beli kopi yang udah digiling dan jadi bubuk aja kalo gitu, atau minta tolong teman kamu yang punya alatnya buat ngegilingin biji kopi kamu. Gampang dan cepat kan? Hehe… Saran Kopling sih, beli biji kopinya banyakan, jadi bisa dibagi ke temen yang bantuin kamu menggiling kopi itu. Pasti dia mau.

Dan tetep sih, menurut Kopling kalo mau ngegiling kopi bubuk itu udah paling pas ya pake gilingan kopi. Simak di sini deh kalo kamu mau mulai mempertimbangkan pengen beli gilingan kopi yang kayak apa.

 

Salam sruput!

Sumber gambar: old-photos.blogspot.com

Fakta-Fakta Kopi Part 2

Kembali lagi di fakta-fakta menarik seputar kopi! Kalau di artikel Fakta-Fakta Kopi Part 1 Kopling memberikan fakta menarik seputar sejarah kopi, sekarang Kopling mau berbagi ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official