Mengenang Mereka dengan Monumen

Banyak cara untuk mengenang seseorang, salah satunya dengan membuatkan monumen. Biasanya yang dibuatin monumen memang bukan “orang sembarangan”. Mereka adalah orang-orang yang dianggap penting dalam sebuah kelompok sosial dan mereka punya bagian penting dalam sejarah. Monumen bisa berbentuk bangunan bersejarah, atau juga bisa berbentuk patung. Dan tentunya untuk mengenang tokoh-tokoh dunia yang dianggap punya pengaruh kuat dalam sejarah peradaban dan politis suatu bangsa, monumen yang dibuat berbentuk patung.

Kali ini Kopling mau ngajak kamu berkeliling untuk ngeliat beberapa monumen tokoh bersejarah yang ada di dunia, termasuk Indonesia. Yuk!

Patung Bung Karno

Patung Bung Karno di Ende

Kita punya monumen untuk mengenang beberapa tokoh dan pahlawan nasional kita. Di antaranya adalah patung Bung Karno yang terletak di Taman Renungan Bung Karno di Teluk Ende, Flores. Kenapa dibangunnya di sini ya?

Bung Karo pernah diasingkan sama Belanda ke Ende selama empat tahun, dan dia ditemani istri, ibu mertua, dan 3 anak angkatnya. Waktu itu Ende masih berupa kota kecil yang sepi. Bung Karno selalu diawasi, jadi seperti tinggal di sebuah penjara yang terbuka. Salah satu kegiatan Bung Karno ketika itu adalah jalan-jalan dan bergaul dengan para nelayan di Teluk Ende, sambil menikmati keindahan Laut Sawu di bawah pohon sukun. Beliau sering memikirkan nasib bangsa di sana. Dari hasil perenungan di bawah pohon sukun itulah, muncul ide besar tentang Pancasila.

Monumen Nelson Mandela

Monumen Nelson Mandela

Nelson Mandela yang saat ini sedang terbaring sakit keras juga sudah dibuatkan monumennaya oleh seorang seniman Afrika Selatan yang bernama Marco Cianfanelli. Monumen itu diresmikan tahun lalu dalam rangka memperingati 50 tahun penangkapan Mandeka oleh kaum Apartheid pada tahun 1962. Patung yang diberi nama “Release” ini dibuat untuk mengenang semangat Mandela yang selalu mengutamakan ketekunan, ketabahan, solidaritas, dan perubahan politis dan demokrasi yang telah dibuat beliau.

Patung Joseph Stalin

Patung Joseph Stalin di Georgia

Salah satu tokoh dunia yang patungnya paling banyak tersebar di seluruh dunia mungkin adalah Joseph Stalin. Pemimpin Rusia sejak pertengahan tahun 1920 sampai pada kematiannya di tahun 1953 ini punya pengaruh besar terhadap perkembangan dan sejarah Rusia. Monumen-monumennya tersebar di Albania, Cekoslovakia, Jerman, Georgia, Hungaria, Lithuania, Mongolia, Belanda, Romania, Tajikistan, Ukraina, Amerika Serikat, dan tentu saja di banyak tempat di Rusia.

Monumen Mao Tze Tung

Patung Mao Tze Tung

Yang paling menggemparkan dan paling kontroversial mungkin adalah monumen setinggi 10 kaki dari pemimpin revolusi Cina, Mao Tze Tung yang didirikan di Montpelellier di Paris. Mao nggak sendirian di sini, karena ada 10 patung lainnya yang berdiri di sampingnya, dan mereka dianggap sebagai orang-orang terbesar di Abad 20. Nelson Mandela dan Mahatma Gandhi juga ada di sini. Kontroversial karena Mao adalah satu-satunya tokoh yang nggak disukai oleh dunia…

Sementara di negaranya sendiri, di kota Changsha, Cina, ada sebuah patung Mao yang dibuat setinggi 100 kaki. Wajah Mao yang dipake untuk patung itu adalah ketika Mao berusia 32 tahun, ketika menulis puisi tentang Changsha. Ini sisi lain dari Mao yang ingin diangkat oleh pematungnya sebenarnya, bahwa Mao sebenarnya juga punya sisi kelembutan…

 

Ada monumen orang-orang penting lain yang kamu tau? Share dong ke Kopling, mention di @Kopikeliling atau lewat comment box di bawah juga boleh.

Hal-hal Sepele Dalam Kopi Tapi Penting

Waktu kamu memutuskan untuk nyobain sebuah coffee shop, apa yang biasanya kamu perhatiin? Apakah jenis minuman kopinya, ambience-nya, atau malah baristanya yang kece-kece? Kalo itu ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official