Membuat Milk Foam dengan Cara Sederhana

frothed-milk_emag_article_large

Kopi Susu (sumber: vanhoutte.com)

Topi seringkali menjadi identitas. Bukan hanya para bangsawan Inggris, anak muda penggemar topi kupluk, atau bapak-bapak penggemar peci, tapi berapa minuman kopi, seperti cappuccino, latte, macchiato, mocha, atau cafe au lait juga wajib untuk mengenakan “topi” saat mereka tampil. Dan topi yang mereka kenakan itu punya nama yang seragam: milk foam. Tanpa milk foam, cappuccino, misalnya, bukanlah cappuccino. Dan tanpa milk foam, latte art nggak akan bisa dibuat.

Membuat espresso sendiri di rumah mungkin bukan masalah besar bagi kita yang mempunyai mesin espresso di rumah, tapi bagaimana kalau kita sesekali juga ingin menikmati cappuccino di rumah? Bisa saja, meskipun mungkin caranya memang sedikit lebih ribet. Untuk itu, yang kita butuhkan hanya susu segar, toples kecil yang bertutup, dan microwave. Tentu saja, hasilnya juga nggak akan sesempurna dengan milk foam yang dibuat dengan mesin, but something is always better than nothing, right?

milk-froth-coffee

Busa Susu pada Kopi (sumber: ineedcoffee.com)

1. Caranya adalah dengan mengisi toples itu dengan susu. Jangan isi terlalu penuh, dan sisakan ruang dalam toples itu untuk si busa yang nantinya akan muncul.
2. Setelah itu, tutup lalu kocok toples yang sudah diisi dengan susu agak lama, sampai susu itu berbusa.
3. Buka tutupnya, lalu masukkan ke dalam microwave selama setengah menit. Foam-nya akan naik ke atas, dan panas dari microwave akan membuatnya stabil.
4. Tuang susu ke dalam kopimu dengan menggunakan sendok.

Praktis dan mudah sekali kan? Masih bingung? Coba lihat video ini:

Dalam video itu, susunya memang dikocok setelah dikeluarkan dari microwave. Menurut Kopling kalau kamu takut panas, nggak ada salahnya dikocok dulu sebelumnya.

Tapi kalau kamu punya mesin untuk membuat cappuccino ya tentunya akan lebih baik lagi, karena milk foam kamu akan lebih sempurna lagi. Anyway, dengan cara apa pun kamu membuat milk foam, jangan pernah menyepelekan jenis susu yang akan kamu gunakan untuk membuat milk foam, karena pengaruhnya besar terhadap hasil akhir:

1. Susu tanpa lemak: Memang paling mudah untuk dijadikan foam, tapi rasanya nggak terlalu enak ketika digabungkan dengan kopi.
2. Susu rendah lemak: Nah, ini yang sepertinya paling sempurna untuk dijadikan foam, karena selalu mudah membentuk busa, lemak yang masih ada di dalamnya membuat kopi kita terasa lebih nikmat ketimbang dengan pilihan pertama di atas.
3. Whole milk: Kalau kamu pemula, membuat foam dengan susu jenis ini memang merupakan tantangan tersendiri, tapi rasanya paling enak karena lemaknya yang paling banyak.

Orang Italia selalu membuat foam yang terbuat dari whole milk, dan mereka pasti akan mengerutkan kening kalau kita minta susu rendah lemak untuk kopi kita.

Membuat milk foam dengan cara ini tentunya nggak cuma bisa dibuat di rumah. Tapi juga bisa kamu lakukan saat kamu berada di kantor. Praktis banget kan?

Sebagai penutup, selain kamu harus ingat bahwa semakin tinggi kadar lemak dalam susu itu akan semakin baik bentuk foamnya, untuk frothing susu dengan cara ini juga harus diperhatikan suhu susu yang akan digunakan. Semakin segar dan semakin dingin susu yang digunakan, akan semakin baik hasil akhir foam-nya dan tentunya cappuccino kamu akan terasa lebih nikmat.

Selamat mencoba!

 

Artikel Terkait:

Mengenal-Jenis-Jenis-Minuman-Kopi-Susu

Cara-Membuat-Kopi-dengan-Metode-French-Press

 

A Festival about Coffee

Buat kamu pencinta kopi, jangan lewatkan acara A Festival about Coffee yang diadakan hari Sabtu & Minggu, 23-24 Agustus 2014 di Lotte Shopping Avenue! Selain ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official