Membuat Kopi Joss Tanpa Arang

kopi-joss

Buat kita yang tinggal di Yogya atau pernah jalan-jalan ke Yogya, tentu kita udah nggak asing lagi dengan yang namanya “kopi joss”. Kopi ini nggak lain adalah kopi yang dicampur dengan arang, dan dijual di banyak tempat di Yogya mulai sore hingga dini hari. Kopi yang rasanya sangat khas ini dijual nggak lebih dari Rp5.000 segelasnya.

Ada pertanyaan, kenapa harus pake arang? Gini, konon arang itu dipercaya bisa menetralisasi asam lambung dan orang yang sakit maag jaman dulu ya obatnya memang minum arang ini. Mungkin kalo sekarang semacam norit gitu yah. Jaman dulu kan Deddy Mizwar juga belum jadi bintang iklan obat maag ya. Hehe. Selain itu, beberapa peramu kopi arang bilang, kopi arang ini bisa membangkitkan stamina. Wah! Makanya nggak heran dikasih nama kopi joss ya, bukan cuma karena bunyi yang dihasilkan oleh si arang itu ketika dimasukkan ke dalam kopi panas…

Selain itu, kopi arang ini katanya bis menyembuhkan masuk angin dan badan yang lagi pegel-pegel. Arang yang digunakan untuk kopi joss sendiri adalah arang dari jenis kayu jati atau kayu asam yang sudah dipanaskan pada suhu di atas 250 derajat Celsius.

Buat kamu yang belum pernah ngerasain kopi arang ini dan belum sempat ke Yogya, kamu bisa bikin sendiri di rumah. Kamu tinggal mencampur bubuk kopi dengan 4 sendok gula, atau sesuai selera. Lalu masukkan arang yang masih menyala dari api kompor. Semudah itu. Cuma masalahnya, agak repot nggak sih nyari arangnya? Nggak juga sih, karena kamu tinggal ke apotek aja dan beli Norit. Iya, Norit yang memang terbuat dari arang murni? Kamu cukup pake 3 butir Norit yang udah dibakar, lalu masukkan ke dalam cangkir kopi kamu. Norit itu karbon, dibakar sebentar juga pasti nyala.

Cara ini pernah dipake oleh Doddy Samsura, salah seorang barista terbaik Indonesia, ketika ikut sebuah kompetisi di Singapura. Barista terbaik kedua se Asia Pasifik itu menyalakan satu pak Norit sampai juri-juri panik dan pembawa acaranya nyaris ngambil alat pemadam kebakaran. Haha… Tanpa disangka, aksi ini malah membuat Doddy jadi Runner Up Asia Barista Championship (ABC) tahun 2012 yang lalu.

Selamat meningkatkan stamina dengan kopi joss buatan sendiri, atau kamu kepikiran buka angkringan di Jakarta? Cara ini bisa kamu pake buat menambah menu di angkringan kamu!

Sumber gambar: astaga.com

IBC 2013: Jogja & Surabaya

Teman-teman Kopling pasti udah pernah denger tentang Indonesian Barista Competition (IBC) kan? Seperti yang udah pernah diumumin bulan Januari kemarin, dan seperti yang udah dilakukan ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official