Melitta Bentz: Kartini Kopi dari Dresden

“I need to have coffee, coffee;
if you want to give me a treat
pour me a cup of coffee.”
– Johann Sebastian Bach, 1732

Kali ini giliran Jerman yang budaya ngopinya jadi pembahasan Kopling. Ternyata, sejarah dan budaya kopi di Jerman itu sangat menarik lho.

kafe_1

Seperti yang sudah pernah Kopling ceritakan dulu, rumah-rumah kopi di Eropa baru dibuka pada Abad 17. Di kebanyakan negara di Eropa (terutama Inggris), para perempuan nggak diijinkan masuk di rumah kopi. Tapi, Jerman punya pengecualian tersendiri. Perempuan-perempuan Jerman di masa itu sudah sering nongkrong di rumah kopi, bahkan beberapa di antara mereka sudah jadi pemilik rumah kopi. Awalnya memang banyak diprotes kaum pria sih, sampai akhirnya timbul istilah “kaffeeklatsch”.

Kecintaan orang Jerman pada kopi sangatlah kuat, sampai-sampai pada tahun 1730-an, Johann Sebastian Bach membuat sebuah pertunjukan komik yang mengisahkan seorang anak perempuan yang sangat terobsesi dengan kopi dan nggak mau melepaskan kebiasaan ngopinya yang sehari tiga kali itu. Sementara ayahnya mengatakan bahwa kalau dia terus tergila-gila pada kopi, nggak akan ada laki-laki yang mau menikahinya. Hehehe…

VIDEO:

Bukan hanya sebagai pemilik kedai kopi, salah satu perempuan yang berasal dari Dresden pun jadi pembuat mesin drip coffee yang pertama pada tahun 1908. Melitta Bentz ingin meminum kopi yang rasanya lebih enak, tapi dibuat dengan cara yang lebih praktis.

melitta-benz

HighRes1434

Bentz kemudian menyobek secarik kertas dari buku tulis anaknya, lalu memasukkan keras itu ke dalam sebuah pot yang terbuat dari metal. Alat ini kemudian dipatenkan sebagai karya Melitta Bentz dengan nama “Filter Top Device Lined with Filter Paper”.

20110411-melitta-500

Berawal dari keisengan ini, Bentz akhirnya mendirikan sebuah perusahaan pembuatan alat ini dengan nama “Wigomat”. Kurang dari lima puluh tahun setelah penemuan alat ini, Wigomat membuat alat kopi bertenaga listrik yang pertama dan dipatenkan pada tahun 1954. Sampai hari ini perusahaan milik Bentz yang terkenal itu masih memproduksi kertas filter untuk kopi.

Saat ini, orang Jerman meminum 150 liter kopi dalam setahun, lebih banyak dari mereka minum bir, wine, teh, dan bahkan air mineral. Minuman kopi macam apa sih yang biasa mereka minum?

Ikuti terus artikel dari Kopling ya!

 

Sumber foto: worldbulletin.net dan beberapa sumber lainnya

Destruction to Creation

Masih ingat dengan Pedro Reyes yang mengubah senapan menjadi cangkul? Reyes kembali membuat berita. Bukan, dia nggak jadi petani sekarang, tapi dia jadi seorang musisi! ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official