Lukisan-Lukisan Termahal di Dunia pt.2

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya. Penasaran kan, lukisan-lukisan mana lagi yang laris terjual dengan harga yang luar biasa?

“The Scream”, karya Edvard Munch

The_Scream

Lukisan ini dibuat antara tahun 1893 sampai 1910. Judul aslinya sebenarnya adalah “Der Schrei der Natur”, atau “The Scream of Nature”. Karya Munch ini dianggap oleh Arthur Lubow sebagai simbol dari modern art, Mona Lisa pada jamannya.

Lukisan yang pernah menjadi salah satu target pencurian ini terakhir kali terjual seharga $119,922,600 di sebuah lelang yang diadakan oleh Sotheby’s Impressionist and Modern Aet pada tahun 2012 dan dibeli oleh Leon Black, seorang konglomerat dari Amerika Serikat. Pemilik sebelumnya adalah juga seorang businessman yang bernama Petter Olsen, yang tak lain adalah putra dari teman ayah Munch. Lelang itu hanya berlangsung selama 12 menit, dan dibuka dengan harga $40 juta.

“Portrait of Dr. Gachet”, karya Vincent van Gogh

487px-Portrait_of_Dr._Gacheta

Dr. Paul Gachet adalah dokter yang merawat Van Gogh di bulan-bulan terakhir hidupnya. Lukisan ini dibuat pada bulan Juni 1890 di Auvers. Van Gogh awalnya tidak suka dengan Dr. Gachet ini, tapi lalu kemudian mereka menjadi sahabat dekat. Dokter sekaligus sahabat sang maestro ini dilukiskan berwajah sedih dan lembut, namun tetap cerdas. Van Gogh sangat yakin bahwa lukisan ini masih akan banyak yang menyukainya ratusan tahun kemudian, dan ternyata ramalannya benar.

Lukisan ini dibeli oleh seorang art dealer asal Jepang untuk seorang taipan bernama Ryoei Saito di tahun 1990 seharga $82.5 juta. Sayangnya, Saito lalu bangkrut sebelum meninggal, dan keberadaan lukisan ini sekarang entah di mana…

“Diana and Acteon”, karya Titian

656px-Titian_-_Diana_and_Actaeon_-_1556-1559

Dibuat oleh seorang pelukis Italia pada jaman Renaisans, dan selesai sekitar tahun 1556-1559. Lukisan ini menceritakan pertemuan antara Dewi Diana dengan Acteon.

Pemilik sebelumnya adalah Duke of Sutherland yang menjualnya seharga $50 juta karena hutang yang menumpuk dan menjualnya di pasar bebas. Lukisan ini sekarang adalah milik National Gallery di London dan National Galleries of Scotland.

“Bal du Moulin de la Galette”, karya Pierre-Augustue Renoir

800px-Pierre-Auguste_Renoir,_Le_Moulin_de_la_Galette

Dibuat pada tahun 1876, dan menceritakan kehidupan orang-orang kaya pada saat itu. Terjual pada tahun 1990 seharga $78.1 juta pada sebuah lelang di Sotheby’s. Sama nasibnya seperti  “Potrait of Dr. Gachet” di atas, lukisan ini tadinya juga dimiliki oleh Ryoei Saito dan keberadaanya sekarang entah di mana, namun diperkirakan bisa jadi ada di tangan seorang kolektor asal Swiss.

599px-Gustav_Klimt_046

Teraknir adalah adalah “Portrait of Adele Block-Bauer I” karya Gustav Klimt yang pernah dibahas oleh Kopling di artikel ini. Masih ingat?

 

Berbeda dengan sebagian harga barang yang semakin tua semakin turun, harga karya seni malah semakin tua semakin mahal, dan terus akan naik, bahkan ketika penciptanya sudah meninggal…

 

Sumber gambar: Wikipedia

10 Alasan Peminum Kopi Akan Sukses

Masih ragu untuk menjadi peminum kopi karena sebab tertentu? Kopling menemukan beberapa alasan yang akan membuat kamu kepengin untuk menjadi seorang peminum kopi. Yuk disimak! 1. ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official