Lukisan-Lukisan Termahal di Dunia pt.1

Dalam dunia seni, semua angka itu mungkin – bahkan angka yang kita pikir nggak masuk akal sekalipun. Bagi kolektor seni, nggak ada harga yang terlalu mahal untuk sebuah karya seni bergengsi yang dapat menghiasi rumah mereka, begitupun bagi banyak museum ternama di dunia.

Di bawah ini, ada beberapa lukisan yang termahal sepanjang sejarah manusia sampai hari ini.

The Card Players, karya Paul Cezanne

Card_Players-Paul_Cezanne

Lukisan ini menggambarkan sepasang pemain kartu judi yang matanya sedang memperhatikan kartu yang ada di tangan mereka. Uniknya, di atas meja tidak terlihat adanya wine dan uang sama sekali. Model dari lukisan ini adalah para petani yang bekerja di pertanian milik keluarga Cezanne, dan dibuat di awal tahun 1890-an. Terjual pada tahun 2011 kepada seorang anggota Kerajaan Qatar seharga $250 juta, setelah sebelumnya dimiliki oleh seorang konglomerat pemilik kapal asal Yunani, George Embiricos.

Three Studies of Lucian Freud, karya Francis Bacon

Three_Studies_of_Lucian_Freud

Cat minyak ini dibuat pada tahun 1969 dan terjual pada bulan November 2013 seharga $142.4 juta saja. Model dalam lukisan ini, Freud, sebenarnya adalah saingan Bacon dalam berkesenian. Mereka diperkenalkan oleh Graham Sutherland pada tahun 1945 dan kemudian menjadi sahabat dan sering bertemu, juga saling sering melukisi satu sama lain.

No.5, 1948, karya Jackson Pollock

No._5,_1948Lukisan yang mirip benang kusut ini dibuat di atas sebuah papan berserat dengan dominasi warna coklat dan kuning. Awalnya, lukisan ini dimiliki oleh Samuel Irving Newhouse, Jr, dan terakhir dibeli oleh David Geffen, pendiri Dreamworks, pada tahun 2006 seharga $140 juta.

Woman III, karya Willem de Kooning

Woman3

Selesai pada tahun 1953. Sejak akhir tahun 70-an sampai tahun 1994, lukisan ini adalah bagian dari Tehran Museum of Contemporary Art, tapi setelah revolusi di tahun 1979, lukisan ini nggak dapat dipamerkan karena peraturan ketat yang dibuat oleh pemerintah setempat. Pada tahun 2006, lukisan ini dijual oleh David Geffen kepada Steven A. Cohen seharga $137.5 juta, tepat sehari setelah Geffen membeli lukisan karya Pollock di atas.

Garçon à la Pipe, karya Pablo Picasso

Garçon_à_la_pipe

Lukisan ini dibuat pada tahun 1905 ketika Picasso masih berusia 24 tahun. Anak laki-laki dalam lukisan ini adalah salah seorang penduduk lokal yang sering datang ke studio Picasso untuk mengamati Picasso saat melukis. Picasso tidak menyebutkan nama anak ini, karena kemungkinnya adalah dia memang tidak ingin orang lain tahu siapa dia, tapi banyak yang mengatakan bahwa nama anak ini ada Louis. Terjual kepada John Hay Whitney dan Betsey Cushing pada tahun 2004 seharga $104.1 juta.

Masih ada beberapa lukisan lainnya yang terjual dengan harga yang fantastis. Akan Kopling ceritakan di artikel selanjutnya ya!

 

Sumber gambar: Wikipedia

Talitha Maranila

Talitha Maranila merupakan ilustrator yang menghargai hal-hal praktis dari kehidupan. Sewaktu kecil ayahnya memperkenalkannya dengan dunia melukis. Dalam perjalanan seninya, mahasiswi jurusan Fashion Business ini ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official