Lukisan Hilang Pelukis Ternama yang Ditemukan

Pernah nggak kita kehilangan sesuatu, terus kita cari-cari nggak ketemu, dan pas udah nggak dipikirin malah ketemu lagi di tempat yang nggak terpikirkan sebelumnya?

Nggak cuma benda-benda kita yang “nggak penting” itu yang bisa ngalamin kejadian kayak gitu, lukisan-lukisan karya pelukis besar juga mengalami hal yang sama.

Vincent Van Gogh

sunset-at-marjour

Yang terkini adalah sebuah lukisan karya Van Gogh yang berjudul “Sunset at Montmajour” yang baru bulan September 2013 ini ditemukan di sebuah loteng milik seorang kolektor seni dari Norwegia. Awalnya, dipikir lukisan ini palsu, tapi setelah diteliti oleh Van Gogh Museum selama dua tahun secara ekstensif dengan menggunakan berbagai macam teknik, seperti x-ray dan analisa komputer, disimpulkan bahwa lukisan itu asli.

“Sunset at Montmajour” ini dilukis di dekat bkit Montmajour dekat Arles, Perancis pada tanggal 4 Juli 1888, pada masa kehidupan Van Gogh yang paling penting. Van Gogh menuliskan sebuah surat kepada adiknya, Theo, sehari setelah lukisan itu dibuat yang isinya: “Kemarin aku melihat matahari terbenam yang sangat romantis. Sang mentari mencurahkan cahayanya yang berwarna kuning di balik semak-semak, seperti bermandikan emas.”

Michelangelo

michelangelo_1736967c

Pada tahun 2010, sebuah lukisan karya Michelangelo seharga $300 juta ditemukan di balik sebuah sofa! Lukisan itu sudah lama berada di rumah sebuah keluarga letnan Angkatan Udara Amerika Serikat, Koloneel Martin Kober di Buffalo, New York.

Lukisan yang belum selesai dikerjakan itu tadinya tergantung di dinding, tapi 27 sebelum ditemukan, lukisan itu terjatuh karena kena bola tenis, lalu dibungkus dan di simpan di belakang sofa.

Lukisan ini dibuat oleh Michelangelo untuk seorang temannya, Vittroa Colonna, sekitar tahun 1545. Lukisan itu lalu dimiliki oleh seorang bangsawan Jerman, dan kemudian tiba di Amerika pada tahun 1883.

Charles Le Brun

LeBrun

Lalu pada bulan Januari 2013 ini juga ditemukan sebuah lukisan karya pelukis dari Abad 17, Charles Le Brun, ketika diadakan renovasi besar-besaran di hotel Ritz di Paris. Nggak pernah ada yang tau sebelumnya bahwa lukisan itu ngumpet di sana selama itu.

Lukisan ini sekarang sudah terjual dengan harga $665.000 pada saat diadakan lelang di Christie’s dan uangnya disumbangkan untuk sebuah yayasan yang didirikan oleh Mohamed Al Fayed, ayah dari kekasih Putri Diana, Dodi.

Lukisan cat minyak ini adalah karya awal sebelum Le Brun menjadi pelukis resmi kerajaan pada jaman pemerintahan Raja Louis XIV. Lukisan ini juga pernah tinggal di salah satu kamar di rumah Coco Chanel selama lebih dari 30 tahun. Nggak ada yang tau gimana ceritanya lukisan itu bisa nyampe ke Ritz.

Mary Moser

Moser

Dan pada bulan Juli tahun 2013 ini juga, sebuah lukisan yang berumur lebih dari 200 tahun yang udah dianggap hilang, karya Mary Moser, salah seorang seniman wanita Inggris yang paling terkenal dan paling berpengaruh, “ditemukan” secara nggak sengaja oleh Liz Lockyer di sebuah bazaar amal di dekat rumahnya di Teignmouth, Devon. Liz membeli lukisan ini haanya seharga £5 dan awalnya, dia membeli karena tertarik sama bingkainya! Hehe.

Liz sendiri juga seorang pelukis, dan baru tau bahwa lukisan itu dibuat oleh Moser pada Abad 18. Moser adalah satu dari dua pendiri wanita Royal Academy. Lukisan ini sendiri sebenernya harganya bisa mencapai £1,000. Ketika foto lukisan itu dikirim ke Christie’s, balai lelang itu mengkonfirmasi bahwa lukisan itu asli.

Kalo memang udah rejeki memang ada aja ya jalannya. Yang hilang bisa ditemukan lagi, yang tadinya milik orang, bisa jadi suatu hari jadi milik kita.

Sumber foto: flavorwire.com dan beberapa sumber lainnya

Wajah Mereka yang Tersisihkan

Ada pelukis yang suka melukis pemandangan, bunga, sebagian lagi suka melukis wajah manusia atau potret. Salah satunya adalah Alice Moloney – seorang desainer komunikasi dan ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official