Kopi dan Teknologi

Kita hidup di Abad 21 di mana teknologi semakin maju, dan semuanya serba praktis dan “robotik”. Keren memang, dan mempermudah hidup. Padahal beberapa tahun yang lalu, gaya hidup model gini kayaknya masih mustahil banget, sama mustahilnya dulu ketika ada orang bisa ke bulan…

Nah, buat para pencinta kopi, hidup kita sekarang juga jauh dipermudah. Bukan cuma karena kedai kopi sekarang makin marak dan hampir setiap hari ada kedai kopi baru yang buka, tapi buat kita yang kepengen bikin kopi di rumah pun, segalanya sekarang serba praktis. Dan yang namanya gadget nggak selalu berurusan dengan alat komunikasi, karena alat masak juga sekarang bisa disebut gadget, termasuk alat bikin kopi.

Bikin Espresso Pakai Microwave

Buat kamu yang suka banget sama espresso tapi nggak mau beli mesin espresso yang harganya puluhan juta itu, sekarang kamu bisa beli alat untuk bikin espresso dengan harga yang relatif terjangkau. Piamo namanya. Dan Piamo ini cara termudah untuk bikin espresso. Cuma memakan waktu 30 detik aja, langsung jadi. Lebih cepet dari ngantri di kedai kopi.

Alat yang bentuknya cangkir ini terdiri dari 4 bagian: cangkir buat espresso, tempat air, filter, dan penutup filter. Kamu tinggak ngisi air sama bubuk kopi, masukin Piamo ini ke dalam microwave, dan jadilah espresso-nya! Piamo ini udah banyak yang jual di toko-toko online kayak Amazon, dan harganya sekitar $50-an. Not really bad.

Buat lebih jelasnya kayak apa proses pembuatan si espresso ini, langsung tonton aja video di bawah ini yah.

Bikin Espresso Pakai SMS!

Terus, ada juga mesin yang bisa bikin espresso juga hanya dengan satu SMS saja. Keren ya! Jadi kamu nggak cuma bisa SMS office boy untuk beliin kopi aja sekarang, tapi juga bisa SMS mesin. Alat ini namanya Textpresso.

Mesin yang nggak buta huruf ini, ketika dapat pesan dengan kata-kata “double” atau “latte” langsung ngambil cangkir, ngegiling biji kopi, dan langsung nyeduh kopinya. Mesin ini dijual di IKEA juga. Tapi kayaknya mesin ini lebih cocok buat kedai kopi sih, karena bisa bikin kopi banyak banget, tergantung SMS yang masuk. Wah, udah kayak pemilihan bintang talent show gitu ya? Hehe…

Liat deh prosesnya di video ini.

Bikin Espresso pakai Wi-Fi di Handphone/Tablet!!

Dan, yang terbaru dan lebih canggih ada juga nih. Mesin kopi ini buatan Qualcomm dan bisa bikin kopi berdasarkan perintah yang dikirim melalui Wi-Fi. Mesin ini make chips yang namanya Atheros 4100, dan yang mesen minuman bisa mesen dari tempat mereka duduk aja, pake handphone atau tablet yang ada kamera dan bisa Wi-Fi. Si pemesan tinggal melambaikan kamera di handphone atau tablet-nya ke mesin itu, sampe si mesin mengenali “panggilannya”. Canggihnya, pemesan bisa milih ukuran kopinya segala. Kalo udah jadi, pemesan akan nerima notifikasi dari si mesin. Mesin kopi Qualcomm yang pertama tadinya pake sistem Android, tapi sekarang pake Windows 8.

Yuk simak videonya di bawah ini.

Gimana juga, karena hidup nggak ada yang sempurna, kemajuan teknologi juga nggak 100% baik sih. Dengan kemudahan-kemudahan ini, hidup memang jadi lebih praktis, dan waktu nggak banyak yang terbuang, tapi di sisi lain kita jadi lebih males dan nanti ada kalanya kita jadi kangen dengan cara pembuatan kopi yang lama. Semacem kayak kangen dapet surat “beneran” yang dianter sama tukang pos gitulah, karena sekarang kan kita kalo surat-suratan udah pake e-mail terus…

Tapi memang harus diakui kan ya, kalo kemajuan teknologi itu ngebantu banget buat kita yang sibuk dan nggak punya waktu, apalagi buat kita yang tinggal di kota-kota besar yang super macet. Waktu jadi lebih berharga, dan berlama-lama ngantri itu nantinya akan jadi “budaya” yang ditinggalin orang, termasuk ngantri kopi.

Eh, tapi kalo ngantri datengnya rejeki sama jodoh sih kita nggak pernah bosen ya? Haha…

About author

Etiskah Berjualan Karya Seni Di Jalanan?

Siapa di antara kita yang jadi penggemar penjual makanan keliling atau toko keliling? Segala sesuatu yang bersifat “mobile” di masa sekarang lebih menarik, karena lebih ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official