Kopi dan Profesi

Bagi sebagian orang, minum kopi hanya menjadi bagian dari gaya hidup mereka, tapi bagi sebagian orang lainnya, hidup mereka hari itu sangat bergantung pada kopi. Menurut survei yang pernah diadakan oleh Career Builder dan Dunkin Donut, ada 12 profesi yang nggak bisa hidup tanpa kopi. Jadi hasil surveinya bilang kalau 32% pekerja harus minum kopi dulu sebelum memulai berkegiatan dan 43% pekerja menjadi kurang produktif kalau nggak minum kopi pas lagi bekerja.

Siapa aja sih ke-12 profesi tersebut? Yuk coba dilihat siapa tahu kamu salah satunya.

1. Perawat

Ya wajar juga sih, soalnya mereka harus merawat pasien dan ngobrol sama keluarganya pasien. Belum lagi kalau harus jaga malam segala. Minum kopi aja masih mungkin ketiduran, gimana kalau nggak minum kopi?

2. Dokter

Another hospital worker. Ini sih dari sebelum bekerja juga rasanya para calon dokter udah terbiasa minum kopi deh. Dari pengamatan terhadap para mahasiswa fakultas Kedokteran, sepertinya mereka hampir setiap malam bergadang karena tugas-tugas yang menumpuk. Gimana pas udah jadi dokter kan?

3. Para pekerja hotel

Seperti yang kita tahu, yang namanya hotel nggak pernah tutup operasi kecuali kalau gulung tikar. Selain itu, para pekerja hotel langsung berhubungan dengan tamu-tamu, yang bisa aja banyak dari mereka adalah tamu penting, jadi mereka harus tetap terlihat segar, bersemangat, dan ramah!

4. Desainer/Arsitek

Tenggat waktu yang (hampir) selalu mepet dan (cukup) seringnya revisi dadakan membuat profesi ini harus sering menghabiskan waktu bekerja di malam hari. Ada yang bilang juga ide-ide brilian baru bisa keluar kalau langit di luar sudah gelap. Nah, kalau idenya baru muncul pas gelap, ya eksekusi pas tengah malam sampai subuh dong pastinya.

5. Para penjual asuransi/keuangan

Karena profesi ini banyak berhubungan dengan orang luar yang tak lain adalah pelanggan mereka, dan biasanya mereka bertemu di luar kantor, pastinya mereka banyak menghabiskan waktu di kedai kopi untuk ngobrol-ngobrol.

6. Mereka yang berada di balik dapur (koki, asisten koki, dan kawan-kawannya)

Selain karena mereka mendapatkan akses bebas ke tempat pembuatan minuman kopi (yang sebenarnya buat pelanggan sih ya), pekerjaan para koki dan kawan-kawannya ini cukup berat lho. Mirip seperti pekerja hotel, mereka bisa bekerja siang dan malam, apalagi kalau ada pemesanan tempat untuk tamu dengan jumlah yang cukup banyak, wah ribet persiapannya!

7. Ahli teknik (Engineers)

Mungkin hampir semua ahli teknik, tapi setahu Kopling, mereka yang menjadi IT-engineer bisa bekerja selama 24 jam! Jadi, resminya mereka bekerja dari jam 9-6 (itu teorinya… Praktiknya sih bisa sampai jam 8-9 malam), lalu di luar jam resmi itu mereka siap menerima panggilan pekerjaan kapanpun apabila ada jaringan yang rusak.

8. Guru

Buat yang masih sekolah, menaruh secangkir kopi hangat di meja guru pasti membuat hari mereka lebih ceria. Bayangkan mereka harus mengajar kalian pagi hingga sore, belum lagi kalau murid-muridnya berisik dan nggak mau mendengarkan, setelah itu mereka masih harus memeriksa hasil pekerjaan kalian dan memikirkan teknik mengajar yang baik. Jadi, berbaik-baiklah pada guru ya.

9. Marketing/humas

Ini juga salah satu profesi yang banyak berhubungan dengan orang di luar kantor, jadi ya ngopi-ngopi ini bisa dijadikan ajang untuk pendekatan ke suatu perusahaan supaya proyeknya bisa gol.

10. Ilmuwan

Bayangkan kalian harus melakukan penelitian penting dari pagi hingga pagi lagi tanpa kopi? Hmmm… Sulit dibayangkan.

11. Operator mesin

Mengoperasikan suatu mesin apapun secara rutin dalam periode waktu tertentu pasti akan menimbulkan kebosanan. Mungkin meminum kopi adalah salah satu cara untuk menghilangkan rasa bosan itu.

12. Pegawai negeri sipil

Bisa jadi mereka memerlukan kopi untuk menambah konsentrasi memikirkan masa depan negara dan rakyatnya agar semakin aman, damai, dan sejahtera ya.

Nah, itu adalah hasil survei dari Career Builder dan Dunkin Donut, tapi Kopling mau nambahin beberapa profesi yang belum masuk daftar namun dijamin pasti mereka perlu kopi deh.

13. Penerjemah

Sama seperti desainer, tenggat waktu kerjaan penerjemah juga sering kali mepet-mepet. Belum lagi kalau kliennya berasal dari luar negeri, pas kita waktunya tidur mereka malah lagi produktif-produktifnya di siang hari. Mau nggak mau harus mengikuti pola kerja mereka.

14. Petugas keamanan

Jaga malam tanpa kopi? Wah… Rasanya hampir nggak mungkin.

15. Pemilik kedai kopi

Ya masa pemilik kedai kopi nggak suka ngopi? Hehehe… Selain karena suka ngopi, mereka juga harus sering mencicipi kopi dari berbagai tempat untuk mengetahui rasa yang enak dan nggak enak, dan menemukan campuran baru yang bisa dikreasikan di kedai kopinya.

16. Supir

Seperti yang bapak TMC Polda Metro Jaya sering bilang, jangan menyetir dalam keadaan mengantuk. Yang namanya supir sudah pasti nggak boleh ngantuk karena bisa membahayakan penumpangnya. Sebenarnya ini nggak berlaku hanya buat supir tapi kalian yang membawa mobil sendiri. Kalau ngantuk mendingan di’hajar’ pake kopi dulu deh biar lebih melek.

 

Artikel oleh: @Patipatigulipat

About author

Pelukis Maestro Indonesia pt.2

Kali ini kita ngebahas lebih banyak lagi pelukis maestro Indonesia ya, setelah ngebahas beberapa nama sebelumnya. Supaya generasi kita juga kenal dengan pelukis-pelukis hebat dari ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official