Kaligrafi Cina di Tangan Orang Italia

kaligrafi2

Kaligrafi adalah sebuah bentuk dari seni visual yang berhubungan dengan tulisan atau menulis. Di dunia kontemporer, seni kaligrafi ini udah berkembang dalam bentuk undangan pernikahan, desain huruf atau tipografi, desain logo, seni religius, juga beberapa dokument penting. Kaligrafi juga dipake dalam penulisan dalam film, televisi, testimoni, peta, juga akte kelahiran dan kematian.

Ada 5 jenis aliran besar kaligrafi, yaitu kaligrafi barat, Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah, dan Suku Mayan. Kaligrafi Asia Timur itu berasal dari Cina, Jepang, dan Korea. Dalam kaligrafi Asia Timur ini, tiap huruf atau karakter punya peranan yang sangat penting dan berhubungan dengan budaya Asia Timur. Alat yang dipake untuk membuat kaligrafi dari budaya timur ini adalah kuas, tinta, dan kertas.

Dalam sejarah Cina Kuno, karakter kanji tertua diukir pada kulit kambing dan di badan kura-kura, dan hal ini terjadi pada jaman Dinasti Shang. Gunanya adalah untuk mengirimkan pesan tanpa menimbulkan kecurigaan kepada lawan. Kaligrafi ini juga dipercaya dapat mengubah cuaca.

kaligrafi1

Ada seorang ilustrator dan pelukis nyentrik kelahiran tahun 1975 dari Alexandria yang sangat tertarik dengan seni kaligrafi Asia Timur. Namanya adalah Riccardo Guasco, atau biasa dipanggil dengan “Rik”. Rik belajar seni di National Art Institute of Asti, lalu dia melanjutkan studinya di Fine Arts Institute di Turin. Setelah lulus, Rik langsung bekerja sebagai ilustrator buku cerita anak-anak, dan kemudian menjadi Art Director di sebuah agen periklanan di Milan di mana dia berkolaborasi sebagai seorang ilustrator dan kartunis. Saat ini, Rik tinggal di Casale Monferrato di Italia.

kaligrafi3

Rik sangat tertarik dengan seni kaligrafi Cina dan dia setelah melakukan riset, dia semakin terpesona dengan seni ini. Seperti yang kita tau, setiap karakter dalam tulisan kanji melambangkan satu arti, dan Rik mencoba menterjemahkannya dalam bentuk gambar.

kaligrafi4

Rik memang senang menggambar dan melukis apapun yang ada di sekitarnya karena dia orangnya sering penasaran banget dan dia suka berkomunikasi dengan apa yang dilihatnya melalui lukisannya. Menurutnya, melukis itu sama seperti menulis puisi karena sama-sama berakar pada khayalan dan fantasi manusia.

kaligrafi5

Sebenarnya, gaya Rik lebih banyak terpengaruhi oleh gaya Picasso, Munari, Rodan, dan Chaplin, seperti yang terlihat di karya-karyanya selain serial kaligrafi ini. Tapi seorang seniman yang baik memang nggak akan berhenti mencoba satu jenis gaya melukis aja, karenanya dia juga mencoba kaligrafi ini dan ternyata hasilnya juga nggak kalah menariknya.

Seorang Italia membuat seni kaligrafi Cina. Menarik banget kan?

Website: riccardoguasco.com | Twitter: @mumblerik

Artist Talk: Diela Maharanie

Kopling punya segmen baru nih buat #ARTickle di Kopikeliling.com. Seperti yang kita ketahui bersama Kopi Keliling kan sudah ngadain 6 volume selama ini. Dan setiap ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official