Kabar Gembira Untuk Penggemar Kopi Panas!

coffee-on-beachKabar gembira buat para penggemar kopi yang tinggal di iklim tropis, seperti Indonesia! Selama ini kita menyangka bahwa ketika udara dan cuaca panas, solusinya adalah kopi dingin, tapi ternyata… ada penelitian yang bilang kalo minuman yang panas lebih mampu untuk mendinginkan tubuh ketimbang minuman dingin, termasuk kopi panas. Lho? Kok bisa ya?

Seorang ilmuwan dari Center of Heart, Lung, and Vascular Health – University of British Columbia menjelaskan bahwa tubuh kita mengeluarkan keringat ketika kita merasa panas. Secara alamiah, tubuh kita dapat merasakan perubahan di kulit kita, lalu kemudian mengirimkan pesan ini kepada otak kita, terutama bagian hypothalamus, dan kemudian tubuh kita pun berkeringat.

Ketika kita minum minuman yang panas, thermosensor yang ada dalam perut kita menjadi aktif dan mengirimkan pesan yang kuat kepada hypothalamus bahwa kita sedang merasa kepanasan. Setelah menerima pesan ini, hypothalamus bereaksi dengan cara memulai mendinginkan tubuh kita. Energi panas yang ke luar dari tubuh kita diubah menjadi keringat, dan ketika tubuh kita bereaksi terhadap minuman panas yang kita minum, kita malah merasa sejuk setelahnya. Semakin kita berkeringat, semakin kita merasa sejuk setelahnya.

Tapi tentu saja hal ini nggak berlaku kalau kita memakai pakaian yang tebal, karena kita akan tetap merasa kepanasan. Untuk kita yang memakai pakaian dengan bahan ringan dan tipis, meminum secangkir kopi panas ternyata lebih mendinginkan ketimbang kita meminum segelas kopi dingin.

Penemuan baru ini sebenarnya sudah pernah diungkapkan pada tahun 2013 yang lalu oleh Dr Christopher Gordon dari University of Sydney. Katanya, “Berkeringat itu penting bagi tubuh kita untuk berfungsi dengan baik, karena kalau kita nggak berkeringat, makan suhu tubuh kita akan naik dan dapat mengakibatkan kerusakan pada otak, atau bahkan kematian.”

Itulah sebabnya mengapa di udara panas sekali pun, kita tetap memilih untuk makan makanan yang pedas. Secara tidak sadar, sebenarnya hal ini baik karena dapat membuat tubuh kita menjadi semakin segar. Minuman yang dingin ternyata hanya dapat mendinginkan kita untuk sementara saja, karena rasa dingin yang ada dalam segelas kopi dingin, misalnya, akan kalah ketika berhadapan dengan panas suhu tubuh kita sehingga dengan mudah akan “termangsa”.

Menarik banget ya? Jadi lain kali jangan ragu untuk memilih kopi panas ketika cuaca sangat panas sekali pun. Dan juga, jangan takut untuk berkeringat akibat meminum kopi panas.

Salam seruput!

Sumber gambar: We Heart It

Tentang Méret Oppenheim

Salah satu seniman multi talenta yang pernah hidup di muka bumi adalah Méret Elisabeth Oppenheim, atau yang lebih dikenal dengan nama Méret Oppenheim. Méret adalah ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official