Anak-Anak Espresso

Jenis-jenis minuman kopi yang paling akrab di telinga kita adalah cappuccino. Beberapa orang juga sudah pernah merasakan dan tahu apa itu ristretto, macchiato, dan affogato. Tapi sebenarnya ada minuman-minuman kopi asal Italia yang belum pernah kita dengar namanya, padahal semuanya juga “turunan” dari espresso. Apa saja mereka?

Antoccino

Antoccino_Espresso

Minuman kopi ini tercipta karena keinginan beberapa orang yang ingin meminum kopi yang proporsi antara rasa dan teksturnya sama, juga mempunyai kadar kafein yang lebih rendah. Sayangnya, nggak banyak coffee shop yang menyajikan minuman kopi jenis ini karena sebenarnya orang bisa membuatnya sendiri di rumah.

Caranya adalah dengan membuat satu shot espresso dengan mesin espresso rumahan, yaitu sekitar 60 ml saja. Kemudian, panaskan susu dan masukkan ke dalam cangkir sampai penuh.  Sajikan dengan potongan kue waffle kering. Gampang banget kan, memang?

Marocchino

marocch

Resep minuman ini diciptakan di Alessandria, Italia. Disajikan dalan gelas kecil yang berisi satu shot espresso atau ristretto, bubuk coklat, dan susu. Di beberapa daerah di Italia, minuman ini juga ditambah dengan coklat panas yang kental. Nama “marocchino” berasal dari kata “Maroko” dalam bahasa Italia, karena warnanya yang coklat muda itu.

Bicerin

6452700557_435a1a1417_b-(1)

Minuman kopi ini adalah khas Turin, Italia. Dibuat dengan campuran espresso, coklat cair, dan susu, dan disajikan dengan gelas. Kata “bicerin” sendiri artinya memang “gelas kecil”.

Bicerin bukan jenis minuman kopi baru, karena sudah ada sejak Abad 18 dan dipuji rasanya oleh Alexandre Dumas, seorang penulis Prancis yang terkenal pada jamannya, pada tahun 1852. Minuman ini konon dibuat berdasarkan resep minuman “bavareisa”. Bedanya, dalam pembuatan bavareisa semua bahan dicampur, tapi kalau bicerin ini ketiga komponen itu diletakkan berlapis secara hati-hati dalam gelas.

Espressino

13_espressino_caramello

Terbuat dari espresso dan susu yang dipanaskan dengan perbandingan yang sama. Berbeda dari minuman kopi lainnya, bubuk coklat dalam espressino ini diletakkan di dasar gelas, selain di atas minuman. Ada juga espressino freddo, yaitu espressino dingin. Atau ada juga yang mengganti coklat dengan karamel, sesuai selera masing-masing.

Espresso Romano

espresso-1

Espresso yang ditambah dengan potongan kulit buah lemon.

 

Sumber gambar: True Coffee dan beberapa sumber lainnya

Arti Sebuah Nama di Gelas Kopi

Salah satu bagian yang paling menyenangkan ketika mesen kopi di coffee shop adalah ketika nama kita ditulis di gelas plastik sama baristanya. Tapi ternyata nggak ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official