Green Christmas Tree

Bagi sebagian orang, perayaan natal bukan hanya sekedar perayaan agama tertentu, tapi lebih ke tradisi dan budaya. Namun nggak jarang juga perayaan tradisi yang berlebihan malah menimbulkan efek samping yang nggak bagus pada akhirnya, yaitu: penumpukan sampah.

Di luar negeri sendiri, banyak perdebatan mengenai penggunaan pohon cemara asli dan buatan. Ada yang berpendapat kalau pohon cemara asli nggak bagus untuk lingkungan, karena pohon cemara yang biasanya mereka gunakan saat natal dipotong dari hutan lalu dijual ke orang-orang yang ingin memasang pohon natal di rumahnya. Setelah perayaan natal berakhir, banyak dari mereka yang membuang pohon cemara ini begitu saja karena nggak ingin menanamnya di rumah. Tahun berikutnya, mereka kembali membeli pohon cemara baru untuk dipakai saat merayakan natal selanjutnya. Tapi untungnya sekarang semakin banyak sumber yang memang mengkhususkan membudidayakan pohon cemara untuk perayaan natal.

Nah, alternatif lainnya adalah pohon cemara buatan. Meskipun ada yang bilang kalau pohon cemara buatan juga akan menumpuk sampah, karena biasanya orang cenderung hanya memakainya 3-4 kali lalu ingin membeli pohon yang baru, tapi ini juga bisa menjadi salah satu pilihan yang bagus. Pohon buatan bisa disimpan di rumah dan nggak akan menjadi sampah setiap tahun. Terlebih lagi kalau pohon buatannya terbuat dari benda-benda yang ramah lingkungan.

Kopling nemuin beberapa pohon natal alternatif yang keren-keren, karena selain desainnya yang unik, konsepnya juga ramah lingkungan dan bisa dijadikan hiasan sehari-hari, nggak cuma saat natal! Nggak selamanya pohon harus selalu berwarna hijau kan? Lihat aja yang ini.

Possibilitree (Richard Babcock)

 

Nggak hanya bisa dipakai saat natal, pohon ini juga bisa dipakai untuk sehari-hari. Cara menyimpannya juga sangat mudah!

 Cardboard Christmas Tree (Giles Miller)

Kartonpun bisa disulap menjadi pohon natal yang cantik!

Huge Eco-friendly Christmas Tree (Jolanta Smidtiene)

 

 

 

Yang ini pohon natalnya terbuat dari botol plastik berwarna hijau. Di dalam pohonnya dilengkapi dengan lampu yang akan bercahaya dengan cantik di saat malam.

Wine Cork Christmas Tree

Suka minum wine? Coba deh kumpulin tutupnya yang banyak sampai tahun depan, terus bikin pohon natal yang unik kayak gini deh.

 

Nemuin dekorasi keren yang ramah lingkungan di sekitarmu? Jangan lupa kasih tau Kopling lewat comment box di bawah atau langsung mention aja di @KopiKeliling.

About author

joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official