Gangguan Jiwa Para Tokoh Kartun (2)

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya. Yuk, kita gosipin lagi tokoh-tokoh kartun kesayangan kita ini.

Homer Simpson

homer-choking-bart-simpson

Homer adalah salah satu satu tokoh kartun yang paling banyak penggemarnya sepanjang sejarah. Sayangnya, ketika orang lain menganggap Homer ini sangat kocak dan lucu, Bart Simpson punya pendapat yang berbeda tentang ayahnya yang sering kehilangan kendali ini. Dalam beberapa adegan, Homer sering tiba-tiba mencekik putra satu-satunya itu. Homer bisa jadi adalah pengidap explosive disorder, karenanya sering secara spontan dan ekstrim mendemonstrasikan kemarahannya.

SpongeBob SquarePants

601838056_1370684355

Hampir semua anak kecil (dan orang dewasa) mencintainya. Tapi dalam petualangan-petualanyannya di Bikini Bottom, seringkali SpongeBob menunjukkan karakter yang sangat dekat dengan sindrom Williams-Beuren. Sindrom ini dapat membuat orang mendadak senang dan nyaman secara nggak wajar ketika berada di tengah orang asing. Di sepanjang pertunjukannya, SpongeBob terlihat selalu ceria, mudah bergaul, dan tenang, apapun yang terjadi. Sebenarnya ini hal yang baik sih ya. Hehe. Selain itu, SpongeBob juga menunjukkan karakter fisik yang berhubungan dengan sindrom tersebut, seperti otot yang kurang kuat, misalnya.

Calvin

rTNks

Anak kecil dalam komik “Calvin and Hobbes” ini mempunyai imajinasi yang jauh melebihi anak-anak seusianya. Misalnya, dia pernah berperan sebagai seorang astronot dan percaya bahwa orangtuanya adalah sepasang alien yang akan mencelakakan dirinya. Calvin juga nggak punya kehidupan sosial, satu-satunya temannya hanyalah Hobbes, boneka macan yang baginya adalaha sosok yang nyata. Anak kecil ini sangat sering berhalusinasi dan jauh dari kehidupan sosial. Ini adalah tanda-tanda penderita schizophrenia yang akan mengakibatkan penderitanya nggak bisa membedakan antara khayalan dengan kehidupan nyata.

Bruce Banner

Robert_Bruce_Banner_(Earth-616)

Dia adalah seorang ilmuwan yang bekerja untuk menciptakan sebuah bom. Pada suatu hari, eksperimennya meledak dan zat radioaktif mengubahnya selamnya menjadi Hulk, seorang raksasa hijau yang dapat menghancurkan siapapun dan apapun yang menghalangi jalannya. Dalam salah satu episode, Bruce menjalani pengobatan dan ditemukan bahwa sedikitnya ada 3 macam kepribadian yang bersarang dalam tubuhnya. Bruce adalah penderita kepribadian ganda.

Peter Pan dan Wendy

Peter-Pan-and-Wendy-Darling-peter-pan-14526254-576-416

Kedua tokoh ini diciptakan oleh seorang psikolog asal Amerika Serikat, Dan Kiley. Nama mereka diambil dari sebuah novel karya J.M. Barrie. Peter Pan adalah seorang anak laki-laki yang selalu ingin awet muda dan nggak pernah dewasa. Sementara Wendy adalah gambaran dari para perempuan yang selalu ingin mewujudkan keinginan dari pasangannya dan anak-anaknya. Kelainan yang diderita oleh Peter Pan dikenal dengan nama “sindrom Peter Pan”, sementara gangguan yang dialami oleh Wendy dalam dunia kedokteran disebut “dilema Wendy”.

Sama halnya seperti manusia di dunia nyata, para tokoh kartun meskipun sangat menghibur ternyata juga karakter-karakter yang nggak sempurna. Bagaimana pun, mereka adalah bagian dari masa kecil kita dan tanpa mereka masa kecil kita bisa jadi akan sangat sunyi.

Fia Meta Gabriela

Fia Meta Gabriela sempat mengambil kuliah Desain Komunikasi Visual di Nanyang Academy of Fine Arts, Singapura, sebelum akhirnya ia banting setir ke dunia seni rupa ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official