Gambar Gak Harus Bagus

Apa yang pertama kali kamu pikirkan ketika melihat gambar diatas? Mungkin sempat kepikiran kalau yang gambar itu seorang anak kecil yang baru belajar pegang bulpen atau pensil. Tapi ternyata bukan, gambar diatas adalah karya dari seorang David Shrigley, seorang seniman asal Glasgow Inggris.

Sekedar info, David Shrigley sempat mengemban pendidikan seni di Organisasi Seni dan Desain Leicester Polytechnic dan Glasgow School of Art. Tapi tidak hanya dari segi pendidikan saja yang membentuk David menjadi seorang seniman, pengalaman masa kecilnya di Leicester, Inggris banyak mempengaruhi cara pandangnya. Gaya garis tak beraturan dan disfungsional, obsesi gelap psikologis, dan bahasa-bahasa kiasan ciptaannya sendiri, menjadikan David lain daripada seniman yang lain.

Foto Milik David Shrigley & dari The Book of Shrigley, Redstone Press, 2005

David mulai berkarya sejak muda. Sejak kecil dia menggambar, speech bubble selalu menjadi hal yang menarik baginya. Gambar dan tulisan adalah cara David untuk berekspresi. Setelah lulus kuliah tahun 1991, David memutuskan untuk menjadi seorang kartunis, walau dia tidak begitu tertarik dengan kartun atau buku komik. Beberapa karyanya sempat dipublish pada saat itu, dengan gaya yang lebih rapih dan konvensional. Namun ternyata gaya rapih bukan gaya David Shrigley.

“Once soiled one can never fully return to cleanliness.” – David Shrigley

Setelah fase itu, David menghabiskan waktunya dengan bekerja serabutan dan terus mengisi buku catatannya dengan gambar dan tulisan. Beberapa gambarnya berisi hanya tulisan yang tidak beraturan dan sangat bergantung pada kata-kata di dalamnya dan efek yang diciptakan. David menemukan humor dalam hal-hal gak penting, kegagalan, dan keanehan. Dia juga sangat menyukai tema kekerasan dan hal-hal meresahkan.

Foto dari: observersroom.designobserver.com

David menggunakan berbagai media dalam berkarya, dia paling dikenal dengan gaya kartun dalam bentuk buku atau kartu pos. Selain menciptakan beberapa buku, David juga sempat menjadi sutradara video klip band Blur dengan lagu Good Song.

Projek video lainnya adalah menjadi co-director dalam sebuah film animasi berjudul Who I Am And What I Want, yang juga berasal dari buku ciptaannya dengan judul yang sama.

Perjalanan karya David Shrigley membuktikan bahwa untuk menciptakan sebuah karya yang brilliant tidak harus dengan gambar yang super keren. Dengan kejujuran berkarya dan konten yang kuat, gambar dengan modal doodle bisa menjadi karya seni yang luar biasa!

Ini beberapa karya David yang lain:

Foto dari: David Shrigley

Foto dari: David Shrigley

Foto dari: David Shrigley

Foto dari: David Shrigley

Foto dari: David Shrigley

Foto dari: David Shrigley

Foto dari: David Shrigley

Foto dari: David Shrigley

Foto dari: David Shrigley

Foto dari: David Shrigley

Foto dari: David Shrigley

Foto dari: David Shrigley

Foto dari: David Shrigley

Lihat karya lengkap David Shrigley disini: http://www.davidshrigley.com/ 

 

Artikel oleh: @RaymondMalvin

About author

Novelis yang Jadi Ilustratornya Sendiri

Kopling kenal beberapa orang penulis yang juga jago gambar, juga beberapa ilustrator yang ternyata tulisannya bagus. Yang menarik adalah ketika mereka menerbitkan sebuah buku – ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official