Fungsi (Lebih) Ilustrasi

Hari ini Kopling mau cerita dikit tentang ilustrasi. Mungkin tergolong berita lama, cuma gak apa lah yah di refresh kembali, hehehe. Kadang hal-hal seperti sketsa, gambar, ilustrasi, dan desain itu jadi hal yang sepele, karena kehadiran mereka itu cukup rutin di keseharian kita semua. Seperti ilustrasi di majalah, packaging makanan, marka-marka jalan, hingga pie chart buat proposal pun pada dasarnya adalah ilustrasi yang berguna untuk mempermudah kita mengerti suatu hal.

image dari: blog.typ01134.com

Dari jaman batu pun sebenarnya demikian. Manusia gua menggunakan ilustrasi (pada waktu itu jauh lebih simpel tentunya) untuk bercerita, mencatat, dan tentunya ekspresi. Kalau di jaman sekarang itu mungkin sudah beralih menjadi graffiti atau mural. Prinsipnya masih sama kan tapi?

Yah, era sekarang tuh ilustrasi sebenarnya ada di mana-mana. Ada yang keliatan jelas tapi kita bisa gak sadar, ada yang emang gak keliatan langsung tapi ternyata tanpa mereka kita enggak akan mendapatkan apa yang kita butuhkan. Contoh simpelnya adalah film. Siapa yang suka nonton di sini? Banyak yah pastinya. Apalagi sekarang film-film udah super canggih, khususnya yang penuh dengan special effect.

Sebelum karakter tercipta, perlu sebuah ilustrasi untuk menggambarkan seperti apa sih bentuknya nanti. (gambar dari: michaelkutsche.com)

Karakter legendaris Joker tidak akan segitu menyeramkan kalau tidak melalui proses gambar konsep (conceptual drawing)

“Ruang gerak” untuk ilustrasi pun semakin banyak seiring dengan banyaknya media yang menggunakan mereka sebagai alat komunikasi. Beragam industri pun semakin melirik kekuatan ilustrasi untuk menyampaikan pesan mereka. Sampai-sampai sekarang ilustrasi pun sudah diangkat ke ranah galeri yang dulunya hanya mau mengangkat lukisan saja.

Kalau menurut Kopling sih perbedaan definisi “seni” sama “ilustrasi” bisa rancu. Konon dari penjelasan di illustrationart.blogspot.com, Perbedaannya adalah seni merupakan sebuah ide (yang direalisasikan) sementara ilustrasi adalah gambaran (atau penjelasan) sebuah ide. Weleh, ribet…

Tapi karena Kopling bukan ahlinya, dan enggak mau musingin juga mengenai definisi di atas, jadi Kopling mau ambil esensinya saja. Kalau lukisan, ilustrasi, patung, terserah lah itu apa bentuknya bisa bikin kamu senang, tersentuh, marah (in a good way) atau bentuk-bentuk ekspresi lainnya, maka itu udah lebih dari cukup, hehehe.

Intinya sih, dengan gambar, ilustrasi, desain, dan sebagainya, kita dibantu untuk lebih mudah dan cepat mengerti. Kadang enggak harus mengerti, mau jadi mengerti karena gambarnya bagus pun udah lebih dari cukup, hahaha. Contoh aja nih ya, coba deh kalau kamu disuruh dengerin presentasi atau baca buku yang judulnya “The Crises of Capitalism”, atau “A SENSE OF DIRECTION: Pilgrimage for the Restless and the Hopeful”. Kedengeran berat dan membosankan bukan?

Tapi kalau pembahasan “berat” seperti di atas bisa dibawakan melalui ilustrasi yang menyenangkan seperti di bawah ini, tentunya kita akan lebih tertarik untuk mengerti apa maksud dari komunikasi yang hendak disampaikan.

Jadi, lain kali kamu melihat atau membeli sesuatu yang “berbau” ilustrasi, coba deh kamu mulai perhatikan detail yang ada. Kamu pasti akan merasakan perbedaan yang sangat besar apabila visualnya dihilangkan.

Contoh ilustrasi keren. Quote Albert Einstein. Simpel, keren, trus juga fungsional hehehe.

About author

Escapism

“Close to me” – Eugenie Marais |  50 x 50cm. Oil on canvas. 2011 Jatuh cinta pada pandangan pertama… Itu yang mungkin terjadi ketika pertama ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official