Dunia Dalam Akuarium

Hampir semua pembaca Kopling pasti punya hobi, atau memiliki profesi, di bidang seni dan kopi. Tapi, kamu punya hobi lain nggak di samping hobi yang dua ini? Atau mungkin, kamu (pernah punya hobi) memelihara ikan di akuarium, atau punya akuarium yang terbengkalai? Lalu, kamu pakai untuk apa akuarium kosong itu?

Kalau kita lihat gambar-gambar di bawah ini, sekilas terlihat seperti lukisan pemandangan biasa. Tapi ternyata, pemandangan-pemandangan alam yang indah ini diciptakan oleh seorang fotografer, Kim Keever, di akuarium-akuarium ikan yang panjangnya 6 kaki dan dapat menampung 200 galon air! Mulai dari Pegunungan Ands sampai Sungai Amazon, semua dibuat oleh Keever dengan nyaris sempurna, kemudian difotonya satu per satu…

original

original-(1)

original-(2)

Menurut Keever, dirinya sangat tertarik untuk melihat bagaimana cat yang melukisi batu-batuan dan sebagainya yang ada di dalam akuarium itu berubah bentuk setiap hari, dan ini adalah contoh tentang sebuah sistem yang matematis dan visual dari alam semesta yang kita huni. Semua ini hanya dibuat di dalam studionya saja, tanpa dia harus berpergian ke tempat-tempat yang digambarkannya itu.

kim-keever-studio2

kim-keever-studio

Untuk menciptakan awan, dia cukup membuatnya dari bahan-bahan yang ditemuinya di jalan, di toko, atau di internet agar tampak seperti awan yang sebenarnya. Sementara, Keever sudah menjadi fotografer sejak tahun 1991. Ketika itu dia membuat sebuah planet tanpa atmosfir. Dia sangat puas dengan karyanya itu, dan konsepnya pun berubah ketika dibuat di sebuah akuarium ikan yang diisi air.

Keever memang bukan cuma seorang fotografer dan seniman biasa. Dia mempunyai latar belakang pengalaman sebagai seorang engineer, karenanya dia bisa membangun karyanya dengan cepat dengan bahan-bahan yang relatif murah. Menurutnya, menjadi seorang engineer itu membantunya untuk menganalisa masalah-masalah di kehidupan nyata dan bagaimana cara memecahkan masalah-masalah itu. Tentunya kadang dia gagal dengan percobaan-percobaannya, dan kadang cat yang tersebar di dalam air itu nggak bisa dikendalikannya. Tapi inilah yang dia sukai dari membuat karya semacam ini.

Mempunyai bekal keilmuan di bidang lain ternyata sangat mendukung kita dalam berkesenian ya? Semakin banyak pengetahuan yang kita tahu, akan semakin banyak ide yang dapat lahir dari dalam kepala kita…

Yuk, kita perkaya diri dengan banyak ilmu supaya karya kita juga semakin bervariasi!

Website: kimkeever.com
Twitter: @kimkeever

joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official