Culinary Art

Istilah “seni kuliner” sudah pasti nggak asing lagi bagi kita, apalagi yang doyan makan, suka masak, dan sering makan di luar rumah. Tapi sebenarnya, apa sih seni kuliner itu?

Gampangnya, seni kuliner adalah seni untuk menyajikan dan menata makanan di atas piring. Bahkan untuk makanpun perlu seni ya ternyata…

Tapi lalu kemudian, seni kuliner ini berkembang nggak cuma untuk makanan yang untuk dimakan aja, tapi juga makanan yang fungsinya buat diliatin aja. Bukan cuma makanan buat perut, tapi juga buat mata. Banyak seniman kuliner yang cukup menggoda buat dimasukin di artikel ini, tapi Kopling share beberapa yang menurut Kopling paling menarik.

Brock Davis

Brock Davis adalah seorang pemenang award seni kuliner dan seorang creative director di sebuah perusahaan periklanan di Minnesota. Karyanya pernah jadi cover majalah Time, sering muncul di majalah Esquire, dan bahkan juga jadi desain di atas kaos. Objek yang dijadiin inspirasi adalah hal-hal yang dia temui sehari-hari. Sesuatu yang sederhana kalo diliat oleh mata yang jeli bisa jadi hal yang luar biasa ya?

Sarah Illenberger

Art director dari Jerman ini punya spesialisasi di buah-buahan dan sayur-sayuran. Dan semua karya Sarah selalu punya sentuhan humor dan detilnya juga luar biasa!

Elisa Padron

Seniman yang satu ini berasal dari Lille, Perancis – dan dia suka membuat perhiasan dari gula! Siapa yang nyangka coba perhiasan-perhiasan ini bahannya dari gula? Mirip banget sama Kristal! Hmmm… Tapi kira-kira kalo beneran dipake di Jakarta yang udaranya panas kayak gini dan banyak semut, gimana ya rasanya? Hehehe…

Lauren Kinkade

Lauren yang berasal dari San Francisco ini, selain sebagai seniman kuliner, juga seorang fotografer. Bisa jadi dia juga suka masak ya kalo diliat dari foto-foto di bawah ini?

Ida Skivenes

Kamu punya akun Instagram? Nah, si @idafrosk yang asalnya dari Norway ini punya banyak foto hasil karya seninya di Instagram. Karya dia bukan cuma dibuat untuk diliatin aja, tapi kata si Ida sendiri, “All the food art is made and eaten by me.” Jadi dia makan sendiri juga. Nggak sayang apa ya, secara lucu-lucu dan cantik-cantik banget gitu?

Julie Lee

Julie ini aslinya memang food blogger dan juga fotografer, dan tiap ke pasar iPhone-nya nggak pernah ketinggalan. Ya pasar di Los Angeles nggak becek kayak di pasar tradisional kita sih ya. Hehe. Dan Julie ini juga punya Instagram: @julieskitchen. Karya-karyanya kayaknya cocoknya jadi wallpaper ya? Gimana menurut kamu?

Supper Snapshots Exhibition

Nah, di Indonesia sendiri juga nggak kalah loh. Bulan Februari kemarin di Jakarta baru aja ada pameran fotografi makanan Supper Snapshots Exhibition, karya dua orang yang berasal dari Indonesia, Oxalis Atindriyaratri, dan Belanda, Maarten Wesselius. Foto-foto mereka bertujuan untuk mengungkap pola makan mereka berdua yang berasal dari latar belakang dan negara yang berbeda. Proyeknya sendiri udah berjalan 2 tahun dan menghasilkan 1.468 foto! Wow! Kalo kamu pengen liat perkembangannya, langsung aja kunjungi blog-nya di suppersnapshots.blogspot.com.

 

Jadi, makanan itu bukan cuma kebutuhan jasmani kita ya, tapi juga makanan rohani. At least, seni kuliner ini lumayan menginspirasi kan? Hehehe…

Kamu sendiri suka nge-blog, suka buat karya seni atau suka masak, dan suka fotografi nggak? Mungkin udah saatnya kamu mulai serius bikin portofolio buat karya-karya kamu. Sebaiknya sih ditulis pake Bahasa Inggris. Siapa tau nanti akan ada orang asing yang tertarik karya kamu terus ngajak kamu pameran atau hal-hal nggak terduga lainnya kan?

Siapa tau…

About author

I Left Korea for the American Dream, And…

Kebanyakan pendatang di Amerika Serikat mengejar yang disebut orang sebagai “American dream”, tak terkecuali seorang pemuda dari Korea yang memutuskan untuk hijrah ke Amerika Serikat ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official