Film Tentang Para Seniman Besar

Banyak tokoh sejarah yang difilmkan, dan filmnya biasanya jadi sangat menarik. Nggak cuma tokoh sejarah, para pelukis besar dunia yang hidupnya terkenal nyentrik, penuh drama, dan unik itu juga banyak difilmkan. Siapa aja ya?

Lust for Life (1956)

Lust-For-Life

Menceritakan tentang kehidupan Van Gogh dan Paul Gauguin, dan diperankan oleh Kirk Douglas dan Anthony Quinn. Film ini banyak mengundang tepuk tangan orang.

The Agony and the Ecstasy (1965)

the-agony-and-the-ecstasy-1-1024

Film klasik ini diperankan oleh Rex Harrison sebagai Paus Julius II dan Charles Heston sebagai Michelangelo. Menceritakan pertentangan antara keduanya ketika melukisi Sistine Chapel.

My Left Food (1989)

663My_Left_Foot

Daniel Day-Lewis memenangkan piala Oscar atas perannya di film ini sebagai Christy Brown, seorang seniman dan penulis yang luar biasa, padahal terlahir dengan cerebral palsy dan hanya bisa berkarya dengan kaki kirinya.

Crumb (1994)

crumbpn

Sebuah komedi yang gelap yang menceritakan kehidupan seorang komedian bawah tanah, Robert Crumb, yang penuh masalah dan sangat kontroversial. Diperankan oleh Terry Zwigoff.

Basquiat (1996)

(JamieR-BX)__Basquiat(1)

Inilah film pertama yang menjadi debut dari Julian Schnabel yang menjadi sutradara film ini. Menceritakan kehidupan Jean-Michel Basquiat dan masalah-masalah yang dia hadapi untuk mencapai puncak popularitas sebagai seorang seniman graffiti, mulai dari jadi “penghuni” rumah kardus, sampai kemudian ditemukan oleh Andy Warhol. Tapi kesuksesannya harus dibayarnya dengan harga yang sangat malah, karena dia harus mengorbankan persahabatan, cinta, dan pada akhirnya, hidupnya sendiri.

Pollock (2000)

pollock-movie-poster

Film ini masuk sebagai nominasi film terbaik dalam Academy Award, tapi yang memenangkan Oscar adalah Marcia Gay Harden yang berperan sebagai istri sang seniman, Jackson Pollock. Pollock sendiri diperankan oleh Ed Harris.

Frida (2002)

salma-hayek-as-frida-kahlo-in-frida1

Film ini sangat indah. Bukan hanya menggambarkan kehidupan Frida Kahlo, tapi juga membawa beberapa karyanya yang paling terkenal ke dalam layar lebar. Salma Hayek memerankan film ini dengan sangat indah! Sutradaranya juga seorang wanita, bernama Julie Taymor.

American Splendor (2003)

americansplendor-graphic

Sebagian film ini adalah film biografi dan sebagiannya lagi film dokumenter, karena para pemainnya adalah tokoh yang sebenarnya dalam kejadian yang nyata. Paul Giamatti dan Harvey Pekar adalah sepasang komikus yang membuat serial komik dengan judul “American Splendor”.

Factory Girl (2006)

mpw-47730Mengisahkan kehidupan Edie Sedgwick, seorang model, yang mempunyai perspektif tersendiri terhadap Andy Warhol, kekasihnya. Selain sebagai seorang model, Edie juga seorang penyanyi lagu rakyat yang terkenal di kalangan sosialita.

Sumber gambar: sonymoviechannel.com dan beberapa sumber lainnya.

Annisa Aprianinda

Gue berharap ke depannya gue bisa bikin karya yang lebih relatable sama perasaan yang dirasain orang lain. Mungkin banyak di antara kita yang tertarik untuk ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official