Fakta-Fakta Kopi Part 2

Kembali lagi di fakta-fakta menarik seputar kopi! Kalau di artikel Fakta-Fakta Kopi Part 1 Kopling memberikan fakta menarik seputar sejarah kopi, sekarang Kopling mau berbagi fakta menarik seputar kopi yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin ada yang teman-teman sudah tahu dan mungkin ada yang belum. Sumbernya tentu saja dikumpulkan melalui berbagai website yang tersebar di mana-mana. Yuk disimak!

1. Tidak benar bahwa biji kopi yang dipanggang (atau di-roast, dalam istilah bahasa inggris) lebih lama hingga berwarna gelap memiliki kadar kafein yang lebih banyak daripada kopi panggang berwarna terang. Alasannya adalah karena semakin lama biji kopi dipanggang maka kadar kafein yang keluar dari biji kopi juga semakin banyak.

2. Kopi dapat digunakan sebagai bahan bakar mesin. Bulan September tahun lalu, seorang teknisi Inggris berhasil membuat mobil yang sepenuhnya memakai bahan bakar kopi. Untuk artikel lebih lengkapnya bisa dibaca di sini

3. Pada bulan Desember 2001, Brazil membuat perangko beraroma kopi yang dapat bertahan 3-5 tahun, dengan tujuan untuk mempromosikan kopinya. Apakah ada yang mau buat di Indonesia? Atau sudah ada jangan-jangan?

4. Kalau kamu mau begadang, jangan minum espresso tapi kopi tubruk ya. Soalnya kadar kafein dalam espresso cuma 1/3-nya kopi tubruk. Jadi jangan kemakan sugesti ah. Info ini kita dapat waktu lagi ngobrol-ngobrol sama Mas Adi Taroepratjeka.

5. Rasa pahit yang ada di kopi bukan berasal dari kafein loh, tapi dari antioksidan yang terkandung di dalamnya. Nah, kalau kamu terganggu dengan rasa yang terlalu pahit, bisa tambahkan sedikit garam (sedikiiiit aja) ke dalam minuman kopinya untuk menetralisir rasa pahit yang berlebihan.

6. Tentunya teman-teman sudah banyak yang tahu kalau sebenarnya kopi itu nggak berkalori. Nah, yang membuat kita menggendut sehabis meminum kopi itu ya sebenarnya pemakaian susu dan gula yang berlebihan. Kalau kita minum kopi hitam yang berkualitas bagus sebenarnya rasanya enak dan cukup manis tanpa perlu tambahan apapun.

7. Kopi juga bisa dipakai untuk menyegarkan tanaman yang layu loh. Coba campurkan ampas kopi dengan tanah tempat tanaman yang layu tersebut, pasti tanaman itu akan segar kembali.

8. Kafein, yang salah satunya terdapat di kopi, dapat meningkatkan efektivitas beberapa obat painkiller, terutama aspirin dan paracetamol.

9. Serangga ternyata nggak suka dengan aroma kafein. Boleh juga nih menaruh biji kopi (yang belum dimasak) di tempat-tempat penyimpanan barang supaya aman dari serangga.

Sekian dulu deh, nanti kalau nemu lagi kita lanjut ke bagian ketiga ya.

 

Artikel oleh: @Patipatigulipat

About author

Sejarah De Stijl Movement

Setelah revolusi para seniman aliran impresionisme, timbul aliran kubisme pada awal Abad 20 dan dianggap sebagai “pergerakan yang penting dan berpengaruh”. Gerakan ini juga terjadi ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official