Extraordinary Leaf Art

Kita mungkin sudah sering mendengar tentang papercutting art, yaitu membuat karya seni dari kertas yang dipotong-potong dengan detail mulai dari yang sederhana sampai sangat rumit hingga menghasilkan bentuk tertentu. Nggak cuma kertas, daunpun bisa dijadikan media untuk papercutting art lho, salah satunya adalah seperti yang dilakukan oleh Lorenzo Duran ini.

Seniman dari Spanyol bernama Lorenzo Duran Manuel Silva adalah salah satu seniman yang membuat papercutting art dari berbagai macam daun menggunakan pisau bedah! Daun yang digunakan juga nggak langsung ia pakai begitu diambil, tapi dicuci dan dikeringkan dulu sebelumnya. Hasilnya sangat cantik dengan detail yang kalau diperbesar akan membuat orang ternganga.

Lorenzo nggak memiliki latar belakang pendidikan di bidang seni, namun sejak kecil ia suka membuat karya seni, entah itu lukisan, patung, dan lainnya. Ia pernah bekerja di bidang konstruksi sampai suatu saat ia merasa kalau ia ingin melakukan sesuatu yang berbeda, yaitu menghasilkan uang dari sesuatu yang ia suka. Sejak itulah ia mulai melukis dan mengikuti berbagai kontes yang menuai sukses.

Pada suatu hari di tahun 2008, Lorenzo melihat seekor ulat bulu sedang memakan daun, lalu ia mulai berpikir untuk “memotong” daun-daunan. Setelahnya, ia mulai mendalami teknik ini dan karya-karyanya telah diterima dengan baik di seluruh dunia.

Nggak berhenti sampai di situ, Lorenzo mempertajam tekniknya dengan mempelajari berbagai gaya papercutting dari beragam budaya, misalnya Kirigami dari Jepang dan Scherenschnitte dari Jerman dan Perancis. Agak berbeda dengan papercutting art pada umumnya, Kirigami itu bentuk modifikasi dari origami. Kalau origami adalah kertas yang dilipat-lipat, nah kirigami ini origami yang dipotong-potong. Pasti udah pada sering lihat pop-up cards kan? Itu adalah salah satu bentuk kirigami. Kalau scherenschnitte, yang artinya “scissor cuts”, adalah papercutting art yang mempunyai ciri khas desain dengan pola simetris.

Karena telah banyak menggunakan berbagai macam daun, Lorenzo juga bisa mengidentifikasi jenis-jenis daun apa yang mudah untuk papercutting dan memberikan hasil terbaik. Pengen tahu gimana cara pembuatan karyanya? Ia nggak hanya sekedar mengukir, tapi masih banyak proses lain yang ia lakukan supaya karyanya sempurna.

Coba intip deh video di bawah ini.

 

About author

Teh Rasa Kopi

Belakangan ini Kopling mendengar ada tren yang sedang hangat di dunia kopi spesial. Siapapun yang pernah menyesap secangkir kopi pasti tahu dong kalau minuman kopi ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official