[Event] Coffee Talk: Baraka Nusantara Project

Kamu para pencinta kopi pastinya sudah tahu dong kalau Indonesia merupakan salah satu negara penghasil biji kopi terbesar di dunia. Dengan kepulauan yang membentang dari Sabang sampai Merauke, ada banyak sekali daerah-daerah di Indonesia yang memproduksi biji kopi dengan rasa yang beraneka ragam.

Di saat jutaan orang Indonesia memperbincangkan betapa nikmatnya kopi Sumatra atau betapa harumnya kopi Bali dan kopi Flores, ada dua orang bernama Maryam Rodja dan Reman Murandi yang penasaran: kenapa nama kopi Lombok gaungnya nggak terdengar? Padahal, sama seperti tempat-tempat lain yang ditumbuhin pohon-pohon kopi, Lombok juga memenuhi semua kriteria yang diperlukan untuk pohon kopi bisa tumbuh.

Keduanya melakukan riset dan terjun langsung ke sebuah desa di Pulau Lombok yang terletak di kaki Gunung Rinjani, bernama Desa Sembalun. Mereka menemukan secercah harapan bahwa ternyata Desa Sembalun memiliki potensi yang besar untuk menjadi salah satu penghasil kopi di Pulau Lombok! Berangkat dari inisiatif dua orang, Maryam dan Reman berhasil menjalin hubungan dengan para petani dan tokoh-tokoh masyarakat di Desa Sembalun untuk memelihara kembali kebun kopi yang terbengkalai. Hasilnya, terciptalah Kopi Pahlawan, sebuah merek kopi dari Pulau Lombok yang kini nggak hanya bersemayam di Desa Sembalun, tapi juga berhasil meninggalkan jejak di berbagai coffee shop di kota-kota lain di Indonesia.

Kopling merasa nggak hanya hasil biji kopinya saja yang patut diperkenalkan, tapi juga kisah-kisah menarik yang terjadi di belakang terciptanya Kopi Pahlawan. Gerakan yang diprakarsai Maryam dan Reman ini mereka sebut sebagai Baraka Nusantara, karena menurut mereka terlalu banyak kebetulan indah yang terjadi selama proses perjalanan menghidupkan kembali kebun kopi di Desa Sembalun.

Karena itu, Kopling mau mengundang kamu untuk menyesap kisah perjalanan secangkir Kopi Pahlawan ini melalui acara:

coffee-talk-baraka-nusantara-project

COFFEE TALK: BARAKA NUSANTARA PROJECT
Kisah Secangkir Kopi Pahlawan di Kaki Gunung Rinjani

Nikmati kisahnya melalui pameran perjalanan Kopi Pahlawan dalam bentuk ilustrasi, musik, dan secangkir kopi hangat

di Catalyst Art Shop (Jakarta), minggu depan!

Berhubung tempatnya terbatas, silakan daftarkan diri kamu melalui formulir di bawah ini:

About author

Quick Questions with Resatio Adi Putra

Kopling cukup sering  mengerjakan proyek bersama Resatio, seorang seniman kolase asal Bandung yang karya-karyanya sudah banyak diikutsertakan di berbagai pameran maupun acara di dalam dan luar negeri. ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official